Kompas.com - 24/03/2019, 10:00 WIB
Aktor Jason Statham menghadiri pemutaran perdana film The Mechanic: Resurrection di Hollywood, California, Senin (22/8/2016). VALERIE MACON / AFPAktor Jason Statham menghadiri pemutaran perdana film The Mechanic: Resurrection di Hollywood, California, Senin (22/8/2016).

KOMPAS.com - Banyak orang merasa kurang percaya diri jika kepalanya dicukur botak. Padahal, studi tahun 2012 dari University of Pennsylvania mengatakan harus sebaliknya. 

Pria dengan kepala botak justru dianggap lebih seksi. 

Kesimpulan itu dihasilkan dari tiga penetian. Dalam studi pertama, para peneliti meminta 59 siswa pria dan wanita di University of Pennsylvania untuk menilai foto-foto pria—sebagian botak, sebagian tidak—berdasarkan persepsi rasa percaya diri, daya tarik dan dominasi. 

Dalam studi kedua, 367 pria dan perempuan dewasa diminta untuk menilai foto di mana para peneliti lebih dulu menghilangkan rambut pria di foto tersebut tersebut lewat sentuhan digital. 

Studi ketiga adalah latihan non-visual, di mana 552 pria dan perempuan dewasa membaca deskripsi pria, termasuk karir subjek, usia, berat badan, tinggi badan dan apakah mereka memiliki rambut atau tidak.

Dua studi pertama menemukan pria dengan kepala botak dianggap lebih dominan daripada pria dengan rambut penuh.

Bahkan, studi kedua menyebutkan pria botak lebih tinggi dan kuat. Studi ketiga pun menemukan hasil serupa. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penemuan ini disebut dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri pria dengan rambut plontos.

“Daripada menghabiskan uang setiap tahun untuk membalikkan atau menyembuhkan kerontokan rambut, solusi berlawanan dari penelitian ini untuk pria yang mengalami kebotakan adalah mencukur rambut,” menurut penulis.

Sebuah studi tambahan yang diterbitkan dalam Social Psychology and Personality Science oleh psikolog evolusi Dr. Frank Muscarella menemukan, pria botak memang dianggap dominan, namun memiliki karakterstik ramah. 

Penelitiannya juga menguraikan sejumlah besar studi yang menunjukkan perempuan tertarik pada pria dominan.

Baca juga: Sering Pakai Topi Bikin Pria Cepat Botak, Benarkah?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.