Kompas.com - 10/04/2019, 16:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Kita mungkin sering mendengar istilah "botox" dan "filler" sebagai prosedur estetika yang dilakukan untuk mempercantik wajah.

Dermatolog Shilpi Khetarpal, MD menjelaskan, botox dan filler memang terlihat sama karena memerlukan suntikan pada bagian wajah. Namun, keduanya didesain untuk fungsi yang berbeda.

Untuk memahami perbedaannya, kamu harus memahami ada dua jenis kerutan di wajah.

1. Kerutan dinamis: kerutan ini disebabkan aktivitas otot karena gerakan. Misalnya kerutan di ujung mata karena tersenyum, atau kerutan di dahi ketika kita menaikkan alis. Tipe kerutan ini disebabkan adanya gerakan-gerakan pada wajah.

2. Kerutan statis: kerutan ini merupakan garis atau lipatan yang akan terlihat ketika wajah dalam keadaan rileks misalnya, garis senyuman di samping bibir. Kerutan tipe ini disebabkan elastisitas kulit dan kolagen yang berkurang seiring bertambahnya usia.

Baca juga: Filler Generasi Terbaru Berasal dari Ganggang

Botox atau filler?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kerutan dinamis lebih cocok diperbaiki menggunakan prosedur botox. Area yang biasa diperbaiki adalah wajah bagian atas mata, area antar-alis dan dahi.

Sementara kerutan statis lebih sering diperbaiki menggunakan botox (untuk otot yang kendur) dan dikombinasikan dengan filler (untuk menghilangkan garis-garis wajah sisanya).

Filler bisa digunakan untuk mengisi kekosongan volume pada wajah bagian bawah, seperti pipi dan garis senyum.

Selain itu, filler juga bisa digunakan untuk menambah volume, seperti bagian tulang pipi yang menonjol karena faktor usia atau untuk membuat bibir tampak lebih penuh.

Kebanyakan pasien tidak memerlukan anastesi untuk menjalani botox atau filler, kecuali pada area sensitif seperti bibir karena cairan filler akan diinjeksikan.

Tidak semua kerutan dan lipatan kulit perlu diperlakukan sama. Selain itu, tidak umum untuk menggunakan filler wajah dan botox pada satu kali janji.

Jadi, jika kamu tertarik melakukan prosedur ini, konsultasikanlah pada ahli kecantikan dan pastikan melakukannya dengan aman.

Baca juga: Lebih Muda dan Segar Tanpa Terlihat Melakukan Perawatan Estetika




26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.