Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/05/2019, 20:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hingga saat ini para ilmuwan belum bisa menetapkan apa penyebab pasti penyakit kanker. Walau begitu, kita bisa mengurangi risiko kanker dengan menjalani gaya hidup sehat.

Untuk menurunkan risiko kanker payudara, tim ahli dari Spanyol mengungkapkan hasil penelitiannya tentang manfaat konsumsi kopi serta buah dan sayuran.

Kesimpulan tim dari University of Navarra dan University of Jaen, Spanyol, makanan tersebut mengandung asam fenolik yang bisa mengurangi risiko kanker payudara setelah menopause.

Asam fenolik biasanya ditemukan dalam berbagai jenis makanan nabati, termasuk biji-bijian, buah blueberry, jeruk, gandum dan beras serta anggur merah.

Peneliti menganalisis hubungan antara asam fenolik dan kanker payudara pada 1.028 wanita.

Setiap peserta dianalisis asupan asam fenolik yang dikonsumsinya selama periode 12 tahun. Dalam kurun waktu tersebut, peneliti menemukan 101 kasus kanker payudara.

Baca juga: Deteksi Kanker Payudara, Pemeriksaan Apa Sih yang Paling Tepat?

Peneiti juga meminta peserta mengisi kuesioner tentang kebiasaan mengonsumsi 136 jenis makanan berbeda untuk memastikan berapa banyak asam fenolik yang mereka konsumsi.

Setelah itu, peneliti membandingkannya dengan database informasi tentang seberapa tinggi kandungan asam fenolik dalam setiap makanan.

Hasilnya, mereka yang mengonsumsi asam hidroksisinamat tertinggi, bentuk asam fenolik yang terjadi secara alami, mengalami penurunan risiko kanker payudara sampai 62 persen.

Kopi, buah-buahan dan sayuran merupakan makanan yang mengandung asam hidroksisinamat -yang memiliki efek paling kuat dalam mengurangi risiko kanker payudara.

Wanita yang mengkonsumsi jumlah tertinggi nutrisi jenis ini mengalami penurunan risiko kanker payudara sebesar 65 persen.

Baca juga: Latihan Angkat Beban Kurangi Risiko Kanker?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com