Apa Saja Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan?

Kompas.com - 16/07/2019, 14:10 WIB
Ilustrasi cuka apel shutterstockIlustrasi cuka apel
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Cuka apel sudah menjadi salah satu cuka yang terkenal manfaatnya untuk kesehatan. Cuka ini dibuat melalui proses fermentasi kandungan gula dalam apel.

Meski kandungan vitamin dan mineralnya tidak banyak, manfaat cuka apel berupa anti-oksidan, asam amino, serta potasium, berguna bagi tubuh.

Kita bisa menemukan cuka apel dalam saus untuk salad, perisa, serta pengawet makanan. Cuka apel pun telah dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan di rumah, untuk berbagai penyakit.

Sejumlah penelitian mengungkapkan, cuka, termasuk cuka apel, bisa digunakan untuk membantu perawatan penyakit hati, kanker, infeksi bakteri, serta obesitas. Berikut ini manfaat cuka apel untuk kesehatan, yang sayang jika kita lewatkan.

Menurunkan berat badan

Sebuah penelitian menyebutkan, orang yang mengonsumsi 2-4 sendok makan campuran cuka apel dan air setiap hari, akan mengalami penurunan berat badan lebih cepat, dibanding mereka yang tidak mengonsumsinya.

Penelitian menunjukkan bahwa cuka apel dapat meningkatkan rasa kenyang, sehingga membantu seseorang untuk makan lebih sedikit kalori. Timbunan lemak di perut juga lebih cepat hilang, dengan mengonsumsi cuka apel.

Menurunkan kadar gula darah

Kadar gula darah yang kelewat tinggi atau diabetes, memicu berbagai penyakit. Mulai dari serangan jantung, gagal ginjal, stroke, dan kebutaan. Cuka apel bisa membantu penderita diabetes mengontrol kandungan glukosa dalam darah, setelah makan.

Waktu terbaik bagi penderita cuka apel untuk mengonsumsi cuka apel adalah sebelum makan, sebanyak 2 sendok teh, yang dicampur air.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X