Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/07/2019, 14:10 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Cuka apel sudah menjadi salah satu cuka yang terkenal manfaatnya untuk kesehatan. Cuka ini dibuat melalui proses fermentasi kandungan gula dalam apel.

Meski kandungan vitamin dan mineralnya tidak banyak, manfaat cuka apel berupa anti-oksidan, asam amino, serta potasium, berguna bagi tubuh.

Kita bisa menemukan cuka apel dalam saus untuk salad, perisa, serta pengawet makanan. Cuka apel pun telah dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan di rumah, untuk berbagai penyakit.

Sejumlah penelitian mengungkapkan, cuka, termasuk cuka apel, bisa digunakan untuk membantu perawatan penyakit hati, kanker, infeksi bakteri, serta obesitas. Berikut ini manfaat cuka apel untuk kesehatan, yang sayang jika kita lewatkan.

Menurunkan berat badan

Sebuah penelitian menyebutkan, orang yang mengonsumsi 2-4 sendok makan campuran cuka apel dan air setiap hari, akan mengalami penurunan berat badan lebih cepat, dibanding mereka yang tidak mengonsumsinya.

Penelitian menunjukkan bahwa cuka apel dapat meningkatkan rasa kenyang, sehingga membantu seseorang untuk makan lebih sedikit kalori. Timbunan lemak di perut juga lebih cepat hilang, dengan mengonsumsi cuka apel.

Menurunkan kadar gula darah

Kadar gula darah yang kelewat tinggi atau diabetes, memicu berbagai penyakit. Mulai dari serangan jantung, gagal ginjal, stroke, dan kebutaan. Cuka apel bisa membantu penderita diabetes mengontrol kandungan glukosa dalam darah, setelah makan.

Waktu terbaik bagi penderita cuka apel untuk mengonsumsi cuka apel adalah sebelum makan, sebanyak 2 sendok teh, yang dicampur air.

Mengontrol insulin

Masih bagi penderita diabetes, cuka apel dapat membantu mengontrol kadar insulin. Tubuh membutuhkan hormon ini untuk mengubah glukosa dari makanan, menjadi energi.

Namun, kadar insulin yang kelewat tinggi, akan membuat tubuh tidak lagi sensitif terhadap insulin. Kondisi ini disebut insulin resistance, dan memicu diabetes tipe 2.

Membunuh kuman pada makanan

Cuka apel dapat membuat makanan lebih higienis. Asam asetat yang banyak terkandung dalam cuka apel, juga semua jenis cuka lain, dapat mematikan kuman berbahaya atau mencegahnya berkembang biak.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com