Perlukah Memilih Kacamata Polarized?

Kompas.com - 17/07/2019, 13:33 WIB
Ilustrasi kacamata hitam polarized shutterstockIlustrasi kacamata hitam polarized

KOMPAS.com - Selain menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar matahari, kita juga perlu memakai kacamata hitam untuk melindungi mata kita saat terpapar cahaya menyilaukan.

Namun, dengan adanya berbagai variasi kacamata yang tersedia di toko, kita jadi bingung untuk menemukan kacamata seperti apakah yang benar-benar mampu melindungi organ visual kita dai radiasi sinar UV.

Ahli kacamata Chris Erwin mengatakan, ada beberapa hal yang perlu kita pertimbangan dalam memilih kacamata hitam.

Menurut Erwin, berdasarkan lensanya, ada dua jenis kacamata hitam yang beredar di pasaran, yaitu kacamata dengan lensa polarisasi (polarized) dan non polarisasi.

"Kacamata polarisasi mengurangi silau dari permukaan horizontal seperti pantulan cahaya di air, jalan dan salju,” kata Dr. Erwin.

Meskipun biasanya lebih mahal, kacamata dengan lensa polarisasi adalah pilihan tepat bagi mereka yang sering berkendara atau menghabiskan banyak waktu dengan air.

Baca juga: Tips Memilih Kacamata Hitam untuk Kesehatan Mata

Jika Anda memilih untuk tidak memilih kacamata hitam terpolarisasi, Dr. Erwin menyarankan agar kita memilih kacamata  dengan lensa yang tetap melindungi mata dari radiasi sinar UV.

" Lensa lebih besar umumnya lebih baik karena menawarkan lebih banyak perlindungan dari sinar UV dari berbagai sudut," katanya.

Ilustrasi kacamata mirroredshutterstock Ilustrasi kacamata mirrored
Pertanyaan lain yang sering muncul adalah mana yang lebih baik kacamata hitam dengan lensa cermin (mirrored sunglasses) atau lensa biasa.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X