Kompas.com - 30/07/2019, 07:35 WIB
Ilustrasi sumber serat. ShutterstockIlustrasi sumber serat.

KOMPAS.com - Serat merupakan zat gizi yang identik dengan kesehatan pencernaan. Padahal, selain untuk melancarkan urusan ke belakang, sebenarnya serat memiliki beragam manfaat bagi tubuh.

Sebagai pendahuluan, kita perlu mengetahui dua tipe yakni serat larut air (soluble fiber) dan serat tidak larut air (insoluble fiber).

Serat merupakan jenis karbohidrat yang ditemukan di tanaman. Strukturnya terbentuk dari molekul gula yang berikatan sehingga tidak mudah dipecah dan dipakai sebagai energi.

Hampir semua jenis tanaman, termasuk sayuran, buah, serelia utuh (whole grains), kacang-kacangan dan biji-bijian, mengandung kedua jenis serat itu.

1. Serat larut air
Serat larut dalam air merupakan serat yang mampu larut dalam air. Ini adalah jenis serat yang mayoritas ditemukan dalam serelia seperti barley dan oat, kacang-kacangan, dan biji-bijian, serta beberapa buah dan sayur.

Saat kita mengonsumsi makanan tersebut, serat larut akan membentuk zat seperti gel tebal di lambung, yang akan dicerna perlahan.

Gel berserat itu kemudian dipecah oleh bakteri di usus besar, prosesnya akan menghasilkan sedikit kalori.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Jumlah Serat yang Dibutuhkan Agar Terhindar dari Masalah Kesehatan

Serat larut juga menahan penyerapan beberapa jenis kandungan yang bisa berefek negatif jika kadarnya terlalu tinggi atau terlalu cepat. Misalnya membantu mencegah kadar glukosa darah naik tinggi setelah makan.

Sebagai contoh, saat kita minum segelas jus jeruk murni, maka gula akan dengan cepat dimetabolisme dan meningkatkan gula darah dengan segera. Tetapi, ketika kita makan sebuah jeruk, yang mengandung serat larut, maka laju kenaikan gula darah akan bertahap.

Hal itu akan membantu orang yang sedang menjaga kadar gula darah, misalnya pada penderita diabetes tipe dua.

Halaman:


Sumber SELF
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.