Kompas.com - 31/07/2019, 08:38 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mewarnai rambut kini sudah menjadi hal biasa untuk membuat penampilan lebih segar. Tak hanya dilakukan di salon, mewarnai rambut juga bisa dilakukan sendiri di rumah menggunakan produk cat rambut yang bisa dibeli bebas di pasaran.

Bagaimana pun, cat rambut merupakan bahan kimia yang bisa saja menimbulkan reaksi alergi di kulit. Untuk itu, berhati-hatilah saat menggunakannya sendiri.

Head of Education L'Oreal Professionel, Indra Tanudarma mengatakan, setiap pewarna rambut memiliki kandungan para-phenylenediamine (PPD). Kandungan tersebut aman, namun reaksi setiap orang bisa berbeda-beda.

"Kita harus tahu apakah kita alergi atau tidak," kata Indra dalam peluncuran Maji Fashion di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Selasa (30/7/2019).

Cara mengetahuinya cukup sederhana. Mulailah dengan mengambil sedikit cairan pewarna rambut dan mengaplikasikannya pada kulit di belakang telinga. Usahakan agar area tersebut tidak terkena air.

Baca juga: Pengaruh Tren Korea dan China dalam Warna Rambut Terbaru

Biarkan produk pada kulit selama kurang lebih 48 jam dan lihatlah reaksi yang mungkin terjadi pada kulit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika tidak memberikan reaksi tertentu, maka kita bisa melakukan pewarnaan rambut. Namun jika timbul reaksi alergi, jangan melanjutkan pewarnaan.

"Kalau ada ruam-ruam, kemerahan, berarti alergi dan dipastikan tidak bisa mewarnai rambut," ujarnya.

Meskipun reaksi alergi tidak muncul dan kita sudah bisa mewarnai rambut kita, jangan lupa untuk melakukan pengecekan berkala karena reaksi tersebut bisa saja muncul di lain waktu.

Indra menyarankan mengecek kulit setiap setidaknya satu tahun sekali.

"Jika sering mewarnai rambut, disarankan setiap tahun testing apakah alergi atau tidak," kata dia.

Baca juga: Pilihan Warna Cat Rambut yang Tepat untuk Tutupi Uban

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.