Pentingnya Memilih Produk Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Kompas.com - 07/08/2019, 08:38 WIB
Ilustrasi ibu hamil NataliaDeriabinaIlustrasi ibu hamil
|
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Semua ibu menginginkan anaknya sehat dan tumbuh cerdas. Usaha menjaga kesehatan anak tentunya dilakukan sejak usia kandungan.

Namun karena ingin betul-betul menjaga kesehatan janinnya, banyak ibu justru merasakan kecemasan berlebih yang berdampak pada pola hidupnya.

Angkanya tak main-main. Hampir semua ibu mengalami kekhawatiran serupa, hanya saja sebagian di antaranya sangat sering dilanda kecemasan dan sebagian di antaranya hanya sesekali.

Produk perawatan ibu hamil dan menyusui Mama's Choice sempat melakukan riset pada 2018 terhadap 13.000 perempuan, termasuk melakukan forum group discussion (FGD). Hasilnya, sebanyak 63 persen ibu sering mengalami kekhawatiran atas kesehatan janin dan perkembangannya.

Karena merasa khawatir, 78 persen di antaranya mengubah pola makan dan 69 persen di antaranya mengganti produk perawatan kulitnya.

"Dari FGD kami, hampir semua ibu merasakan kekhawatiran," kata Head of Branding Mama's Choice Indonesia, Rahne Putri, Selasa (6/8/2019).

Mama's Choice pun diluncurkan untuk menjawab kekhawatiran para ibu yang tengah hamil atau ada pada periode menyusui. Tiga produk yang diluncurkan antara lain pasta gigi, obat kumur dan krim stretch mark.

Peluncuran rangkaian produk Mamas Choice di Central Department Store Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (6/8/2019).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Peluncuran rangkaian produk Mamas Choice di Central Department Store Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (6/8/2019).
Lewat produk-produk tersebut, Mama's Choice berupaya menghadirkan produk yang diformulasikan menggunakan bahan-bahan alami berkhasiat, seperti mint, klorofil, siwak, dan lidah buaya, memberikan opsi produk yang aman bagi para ibu hamil dan menyusui.

Untuk produk pasta gigi, misalnya, Mama's Choice menghindari penggunaan fluoride, triclosan dan SLS, tiga bahan kimia yang menurut sejumlah penelitian terbaru berpotensi membahayakan perkembangan bayi.

Pemerhati kesehatan ibu hamil dan menyusui dr. Annisa Oktantiani, MPH menjelaskan, fluoride memang dibutuhkan untuk menguatkan email gigi, namun berpotensi membahayakan jika tertelan. Untuk itu penggunan bahan-bahan alami lebih dianjurkan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X