Kompas.com - 19/08/2019, 19:09 WIB

KOMPAS.com - Jika kamu seorang atlet olahraga reguler, pasti sering mendengar desas-desus tentang suplemen pra-olahraga.

Produk-produk ini biasanya dalam bentuk pil atau bubuk di mana mengklaim dapat meningkatkan energi dan meningkatkan kinerja selama sesi latihan.

Dilansir laman Cleveland Clinic, sebelum mengonsumsi suplemen tersebut, penting untuk mengetahui apa yang sebenarnya ada di dalamnya dan bagaimana hal itu memengaruhi tubuh.

Bahan utama dalam sebagian besar suplemen pra-olahraga adalah kafein. Kandungan tersebut memiliki sisi positif dan negatif.

Baca juga: Tips Aman Konsumsi Suplemen Pra-Olahraga

Clinical Dietitian Kate Patton mengungkapkan, kafein dapat bermanfaat jika dalam kadar yang tepat.

"Kafein merangsang sistem saraf pusat tubuh, meningkatkan waktu reaksi dan dapat mengurangi kelelahan," katanya.

Kendati demikian, Kate mengingatkan, terlalu banyak kafein dapat memiliki efek samping yang serius.

"Kamu dapat mengalami hal-hal seperti jantung yang berdetak kencang, kesemutan, tekanan darah tinggi, bahkan mual," katanya.

Sebagian besar suplemen pra-olahraga memiliki kandungan kafein berkisar dari 150 mg hingga 300 mg per sajian, atau sekitar satu hingga tiga cangkir kopi.

Baca juga: Suplemen: Kepercayaan atau Kebutuhan?

Laman Hello Sehat mengungkapkan, dosis kafein yang dianjurkan untuk dewasa adalah 2-6 mg/ kg berat badan dan tidak melebihi 500 mg per hari.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.