Tak Perlu Bingung, Ini Tahap Memilih Skin Care Sesuai Kebutuhan Kulit

Kompas.com - 22/08/2019, 07:24 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Banyaknya pilihan skincare di pasaran membuat sebagian orang bingung memilih produk mana yang harus digunakan. Panduan awal yang menjadi dasar pemilihan produk perawatan kulit biasanya jenis kulit. Namun, ternyata mengetahui jenis kulit saja tidak cukup, lho.

Ada beberapa tips dari dr. Ricky Fernando Maharis yang bisa kamu ikuti:

1. Mengenali jenis kulit dan kebutuhan kulit

Tak hanya mengidentifikasi jenis kulit, kamu juga perlu pula memahami apa masalah utama kulit. Apakah pigmentasi? Jerawat? Minyak berlebih?

Jika kulitmu berminyak, misalnya, usahakan tidak memilih produk dengan formula yang terlalu kental dan berbasis minyak. Pilihlah produk yang lebih ringan seperti lotion.

Mengenali jenis kulit dan mengetahui kebutuhannya akan membuat kamu lebih fokus dalam memilih skin care.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat Batu?

2. Karakteristik kulit

Apakah kulitmu sensitif? Jika kulitmu sensitif, maka usahakan tidak memilih produk-produk yang terlalu agresif. Salah satu tandanya adalah mengandung banyak kandungan “acid” dalam produk.

3. Cari sebanyak-banyaknya informasi

Terakhir, penting untuk membekali dirimu informasi sebanyak-banyaknya tentang perawatan kulit. Selain bisa membantumu dalam mengidentifikasi jenis kulit, kamu juga bisa belajar banyak soal menghadapi berbagai masalah kulit.

“Banyak belajar tentang skin care, boleh nonton beauty guru dan lain-lain, mereka biasanya lumayan pengetahuannya," kata Ricky.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X