Kompas.com - 26/08/2019, 21:39 WIB
Aktor Leonardo DiCaprio berbicara di perhelatan amfAR 23rd Cinema Against AIDS Gala di Hotel du Cap-Eden-Roc di Cap dAntibes, Perancis, Kamis (19/5/2016). ALBERTO PIZZOLI / AFP Aktor Leonardo DiCaprio berbicara di perhelatan amfAR 23rd Cinema Against AIDS Gala di Hotel du Cap-Eden-Roc di Cap dAntibes, Perancis, Kamis (19/5/2016).

KOMPAS.com - Kabar tentang kebakaran hutan Amazon belakangan ini cukup membuat hati miris.

Betapa tidak, hutan Amazon yang notabene sebagai salah satu paru-paru dunia kian tak menentu nasibnya, karena kebakaran tersebut.

Banyak yang tergerak karena kondisi tersebut, termasuk aktor dan aktivis lingkungan Leonardo DiCaprio.

Bersama organisasi nirlaba Earth Alliance, DiCaprio berkomitmen melakukan pembentukan dana darurat sebesar 5 juta dolar atau Rp 71 miliar.

Dana tersebut untuk memfokuskan sumber daya kritis bagi masyarakat adat dan mitra lokal lainnya yang bekerja untuk melindungi kelangsungan hidup keanekaragaman hayati Amazon.

Baca juga: Gaya Retro Brad Pitt dan Leonardo DiCaprio untuk Film Terbarunya

Pekan lalu terungkap kepada khalayak, hutan hujan Amazon terbakar karena ulah manusia tak bertanggungjawab.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Business Insider, lebih dari 9.500 kebakaran hutan baru dimulai di seluruh Brasil di lembah hutan sejak 15 Agustus, di mana ilmuwan mencatat lebih dari 74.000 kebakaran di seluruh Brazil selama tahun 2019.

Jumlah tersebut kira-kira dua kali lipat dari jumlah 40.000 kebakaran pada 2018. Plus, situasi ini menandai "peningkatan 83 persen" dibandingkan tahun lalu.

Kebakaran menjadi sangat buruk, sehingga menyebabkan negara bagian terbesar di Brazil, Amazonas, secara efektif mendeklarasikan keadaan darurat pada Senin lalu.

Kebakaran tersebut menyebabkan area seluas 519 mil persegi terbakar (kira-kira dua kali ukuran Tokyo), serta lapisan asap selebar 1,2 juta mil persegi.

Baca juga: Leonardo DiCaprio Jadi Investor Merek Sepatu

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.