Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/08/2019, 07:51 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Bagi sebagian besar orang, bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur untuk ditambahkan ke dalam masakan. Selain meningkatkan aroma, bawang putih dapat menambahkan cita rasa yang khas pada masakan.

Namun, manfaat bawang putih rupanya tidak hanya untuk peningkat aroma dan cita rasa, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan.

Bawang putih sudah digunakan sejak lama sebagai obat dan memiliki dampak yang positif bagi kesehatan. Berikut adalah 12 manfaat bawang putih bagi kesehatan yang sayang untuk dilewatkan.

1. Menangkal pilek

Ingin mencegah hidung tersumbat akibat pilek? Kamu bisa memasukkan bawang putih ke dalam masakan untuk menangkal pilek. Salah satu manfaat bawang putih adalah meningkatkan sistem imun tubuh.

Sebuah riset menemukan bahwa kandungan allicin dalam bawang putih mampu mengurangi peluang terkena pilek dan membuat orang yang terjangkit pilek lebih cepat sembuh.

2. Meningkatkan performa olahraga

Bawang putih juga mampu meningkatkan performa olahraga. Meskipun demikian, penelitian mengenai efek bawang putih terhadap performa fisik masih lebih banyak dilakukan pada tikus.

Studi menunjukkan bahwa orang yang menderita penyakit jantung mengalami performa olahraga yang lebih baik setelah diberikan minyak bawang putih sebanyak dua kali sehari selama enam minggu

Namun, penelitian-penelitian mengenai bawang putih dan performa olahraga masih berkontradiksi dan memerlukan riset lebih lanjut.

Baca juga: Cara Mudah Menjaga Kebugaran Tubuh...

3. Bisa menjadi ‘antibiotik alami’

Kandungan diallyl sulfide dalam bawang putih ditemukan dapat melawan bakteri Campylobacter penyebab gangguan pencernaan dan bahkan 100 kali lipat lebih efektif daripada antibiotik umum yang sering digunakan.

Manfaat bawang putih yang dapat melawan bakteri tertentu membuatnya berpotensi untuk menjadi alternatif ‘antibiotik alami’.

Baca juga: 5 Bahan Antibiotik Alami yang Bisa Ditemukan di Sekitar Kita

4. Mengurangi risiko kanker paru

Orang yang mengonsumsi bawang putih mentah setidaknya dua kali seminggu memiliki risiko terkena kanker paru yang lebih rendah sebesar 44 persen.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com