12 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh

Kompas.com - 27/08/2019, 07:51 WIB
Ilustrasi bawang putih AmaritaIlustrasi bawang putih
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bagi sebagian besar orang, bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur untuk ditambahkan ke dalam masakan. Selain meningkatkan aroma, bawang putih dapat menambahkan cita rasa yang khas pada masakan.

Namun, manfaat bawang putih rupanya tidak hanya untuk peningkat aroma dan cita rasa, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan.

Bawang putih sudah digunakan sejak lama sebagai obat dan memiliki dampak yang positif bagi kesehatan. Berikut adalah 12 manfaat bawang putih bagi kesehatan yang sayang untuk dilewatkan.

1. Menangkal pilek

Ingin mencegah hidung tersumbat akibat pilek? Kamu bisa memasukkan bawang putih ke dalam masakan untuk menangkal pilek. Salah satu manfaat bawang putih adalah meningkatkan sistem imun tubuh.

Sebuah riset menemukan bahwa kandungan allicin dalam bawang putih mampu mengurangi peluang terkena pilek dan membuat orang yang terjangkit pilek lebih cepat sembuh.

2. Meningkatkan performa olahraga

Bawang putih juga mampu meningkatkan performa olahraga. Meskipun demikian, penelitian mengenai efek bawang putih terhadap performa fisik masih lebih banyak dilakukan pada tikus.

Studi menunjukkan bahwa orang yang menderita penyakit jantung mengalami performa olahraga yang lebih baik setelah diberikan minyak bawang putih sebanyak dua kali sehari selama enam minggu

Namun, penelitian-penelitian mengenai bawang putih dan performa olahraga masih berkontradiksi dan memerlukan riset lebih lanjut.

Baca juga: Cara Mudah Menjaga Kebugaran Tubuh...

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X