Benarkah Sari Cuka Apel Bisa Bantu Atasi Jerawat?

Kompas.com - 28/08/2019, 13:07 WIB
Ilustrasi sari cuka apel alicjaneIlustrasi sari cuka apel

KOMPAS.com - Ada banyak resep kecantikan yang dibuat menggunakan bahan-bahan alami. Namun, bagaimana dengan sari cuka apel? Dari baunya saja rasanya kurang nyaman jika harus memakainya di wajah.

Walau begitu, ada mitos yang menyebut sari cuka apel cukup efektif untuk mengempiskan jerawat.

Dermatolog tersertifikasi dari New York, Sejal Shah, MD mengatakan, memang tidak ada pembuktian secara ilmiah bahwa sari cuka apel bisa mengatasi jerawat. Tapi, hal itu bukan berarti tidak bisa.

Sari cuka apel mengandung bahan-bahan yang seringkali direkomendasikan para dermatolog untuk mengatasi jerawat.

Meskipun tidak ada studi penunjang, namun asam asetat yang terkandung dalam sari cuka apel memiliki khasiat antibakterial dan kandungan keratolitik yang bisa menghilangkan luka pada kulit.

Dengan kata lain, sari cuka apel berpotensi mengatasi jerawat dari sumbernya.

Dermatolog tersertifikasi dari New York, Ellen Marmur, MD menilai sari cuka apel mungkin membantu dalam mengatasi tipe beruntusan kulit tertentu.

"Aku tidak tahu apakah sari cuka apel benar-benar bisa mengatasi jerawat, tapi aku percaya bahan-bahannya bisa membantu mengeringkan komedo putih," katanya.

Baca juga: Tuntaskan Masalah Jerawat dengan Terapi yang Tepat

Marmur menjelaskan, sari cuka apel mengandung asam organik, seperti lactic, citric, malic acids, dan acetic acid yang mungkin cukup efektif membunuh bakteri penyebab jerawat. Alpha hydroxy acids (AHAs) tersebut mampu mengeksfoliasi kulit, mengelupas sel-sel kulit mati dan menghasilkan lapisan kulit yang sehat

Sari cuka apel diyakini juga bisa membantu mengatasi luka bekas jerawat. Noda tersebut terbuat dari kelebihan pigmen. Dengan mengeksfoliasi sel-sel kulit mati, pigmen yang tidak dibutuhkan akan terkikis.

Cara terbaik menggunakan sari cuka apel

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X