2 Olahraga Ngetren Tahun Ini, Mau Coba?

Kompas.com - 28/08/2019, 17:05 WIB
Zumba, ilustrasi Zumba, ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gaya hidup sehat, entah makanan dan olahraga, kian digemari banyak orang.

Khusus olahraga, makin banyak juga jenis yang bisa diikuti. Mulai dari olahraga ringan hingga berat. Masing-masing memiliki efek dan kegunaan sendiri.

Kepada Kompas.com, chief executive officer Doogether Fauzan Gani mengungkapkan, ada dua olahraga tengah populer belakangan. Klaim tren tersebut berdasarkan pemesanan kelas latihan di aplikasi Doogether.

"Dari kita nomor satu Zumba, lalu nomor dua body workout, seperti cross fit," ujar Fauzan ketika peluncuran GoFitness di Jakarta, Rabu (28/8/2019).

Baca juga: Latihan Intensitas Tinggi ala Strong by Zumba

Menurut Fauzan, ada sejumlah alasan dua jenis olahraga tersebut tren. Zumba, misalnya, olahraga tersebut tergolong muda diikuti.

Hal ini tak lepas dari gerakan yang sebagian besar dance dan koreografi. Setiap orang yang join pun tinggal mengikuti bit dan gerakan trainer.

"Sekali pun gerakan mereka salah, kan mereka tetap bekeringat," katanya.

Ada pun untuk efek Zumba, katanya, lebih pada mengincar bentuk tubuh lean.

Baca juga: Waspadai dan Pahami, Hoaks soal Olahraga Lari

Body workout

Sementara untuk body workout, kata Fauzan, dipilih karena lebih fun dibanding gym yang memiliki dampak serupa.

"Kalau kadang-kadang gym kan bosan, nah kalau body workout, karena ada circuit, mereka ada impact seperti gym, tapi lebih fun," katanya.

Body workout juga dianggap lebih mudah diikuti. Saat di kelas, para trainer akan lebih fleksibel menginformasi setiap gerakan.

Para trainer akan keliling ke masing-masing station untuk memberitahu gerakan mana yang benar.

"Untuk dampak, jika body workout ingin muscle up, maka ambil lebih berat. Nah, kalau mau lean atau kecilin badan, enggak usah terlalu berat," katanya.

Baca juga: Pria Ikut Zumba, Bakar Kalori hingga Membentuk Tubuh



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X