Kompas.com - 30/08/2019, 09:03 WIB

KOMPAS.com - Sudah mengurangi porsi makan dan berolahraga, tapi angka di timbangan masih menunjukkan berat badan kamu lebih berat dari teman sekantor yang merupakan generasi tahun 80-an?

Sepertinya tidak mengejutkan, pasalnya sebuah penelitian di tahun 2015 menemukan, bahwa orang-orang di saat ini 10 persen lebih berat ketimbang teman-teman mereka dari tahun 80-an.

Mengapa bisa demikian? Bahkan, dengan menerapkan diet seimbang dan berolahraga teratur.

"Alasan mengapa lebih mudah bagi orang untuk menjadi kurus pada 1980-an, menurut para peneliti, adalah karena beberapa faktor tersembunyi yang mungkin tidak pernah kita perhitungkan," kata Olga Khazan, staf penulis di The Atlantic.

Baca juga: Penyebab Gemuk yang Jarang Diketahui

Dia menjelaskan bahwa faktor-faktor seperti bahan kimia, obat-obatan, dan mikrobioma adalah penyebab utama mengapa orang sekarang lebih gemuk daripada orang-orang di masa lalu.

Bahan kimia dapat ditemukan hampir di mana-mana dalam segala hal yang mengelilingi kita setiap hari.

Mulai dari zat pelindung furnitur, pestisida pada sayuran, aditif untuk memperpanjang masa makanan, dan bahan pembersih serta plastik.

Menurut Khazan, bahan kimia ini sebenarnya bisa mengubah cara tubuh membakar energi atau menyimpan lemak.

"Bisa jadi hanya membuat perbedaan kecil, tapi bermakna," tambahnya.

Baca juga: Joging Olahraga Terbaik untuk Cegah Kegemukan

Obat-obatan seperti antidepresan yang diresepkan secara luas kepada orang-orang, untuk mengelola kondisi medis yang serius juga merupakan penyebab lain.

Hal itu dapat menyebabkan penambahan berat badan yang tidak diinginkan, pada orang-orang yang menjalani pengobatan.

"Beberapa dari obat itu bahkan membuatmu lebih lapar dan membuat makan lebih banyak, tetapi ada juga kemungkinan mereka memengaruhi tubuh dengan cara yang sama, bahwa mereka berpotensi mengubah cara tubuh membakar energi, dan bisa jadi mengarah ke beberapa retensi berat badan, ” jelas Khazan.

Baca juga: 5 Tanda Gangguan Hormon yang Picu Kegemukan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.