Kompas.com - 02/09/2019, 08:39 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Bicara soal penurunan berat badan, banyak ahli gizi ragu ketika diminta menyebutkan berapa berat badan yang bisa dihilangkan dalam jangka waktu sebulan.

Pakar gizi teregistrasi, Abby Langer, R.D. mengatakan kepada Men'sHealth, jawabannya bergantung pada berat badan awal, metabolisme tubuh, pola makan, tingkat stres, hingga aktivitas fisik.

Selain itu, berapa banyak berat badan yang bisa diturunkan dalam sebulan juga bisa saja dipengaruhi bakteri usus dan faktor genetika.

Namun, melakukan crash diet untuk menemukan jawabannya bukanlah ide yang baik.

Kebanyakan orang bisa menurunkan berat badan, tetapi tak semua bisa mempertahankannya.

Jika diet dilakukan secara berlebihan, tubuh justru akan melawan balik semua upaya kita untuk mendapatkan kembali berat badan yang hilang secepat mungkin.

"Pada prosesnya kita juga akan cenderung membakar massa otot, yang mana hal itu tidak baik," katanya.

Baca juga: Trik Turunkan Berat Badan bagi Pemilik Metabolisme Lambat

Jadi, menjawab pertanyaan: "berapa berat badan yang seharusnya dihilangkan dalam sebulan?" tidak semudah yang diduga. Ini lebih kepada bagaimana kita bisa menurunkan berat badan yang bisa dijaga secaa berkelangsungan.

Artinya, kita bukan "membunuh diri" kita sendiri dengan olahraga dan tidak membuat diri kita kelaparan.

Ini juga berarti bahwa kamu tidak perlu menolak undangan makan hanya karena daftar makanannya tidak sesuai dengan pola dietmu. Idealnya kita tidak tersiksa dengan batasan dan aturan diet.

Estimasi yang biasa diberikan oleh para ahli gizi adalah 0,5-1kg per bulannya. Namun, ini bergantung pada banyak sekali faktor.

"Pada intinya, jumlah berat badan yang seharusnya dihilangkan dalam sebulan adalah jumlah yang bisa kamu pastikan tidak akan kembali lagi, namun di sisi lain kamu tetap bisa menikmati hidupmu," kata Langer.



Sumber menshealth
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X