5 Tips Tetap Sehat untuk Lansia

Kompas.com - 02/09/2019, 15:15 WIB
Ilustrasi meditasi shutterstockIlustrasi meditasi
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Dengan bertambahnya usia, tubuh akan mengalami berbagai perubahan, baik positif maupun negatif.

Penuaan adalah proses alami tubuh dan kita dapat menjalaninya dengan baik apabila  memahami perubahan yang terjadi di tubuh serta langkah-langkah untuk menjaga kesehatan lansia.

Perubahan yang terjadi di tubuh akibat pertambahan usia dapat meliputi beragam hal. Mulai dari kulit, tulang, hingga otak yang mulai bekerja dengan cara yang berbeda. Mari simak penjelasannya di sini.

Tubuh dapat mengalami berbagai perubahan seiring pertambahan usia. Berikut perubahan pada tubuh lansia yang perlu diwaspadai:

1. Perubahan pada tulang

Pada lansia, tulang berubah menjadi lebih rapuh dan lebih tipis. Hal ini terutama terjadi pada wanita dan menyebabkan kondisi yang dinamakan osteoporosis. Kondisi ini meningkatkan risiko patah tulang.

2. Perubahan pada otak dan sistem saraf

Pertambahan usia dapat mengakibatkan perubahan pada gerak refleks tubuh dan sistem saraf. Sel pada otak dan sistem saraf bisa mengalami kerusakan sehingga menyebabkan suatu kondisi yang disebut demensia.

3. Perubahan pada saluran pencernaan

Saluran pencernaan pada lansia dapat berubah menjadi lebih keras dan kaku sehingga tidak berkontraksi seperti sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X