Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/09/2019, 15:18 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber GQ

KOMPAS.com - Rambut di beberapa bagian wajah memang menambah kesan maskulin bagi pria. Namun, tanpa perawatan yang tepat justru semakin memperburuk penampilan.

Berikut trik merawat rambut di wajah demi penampilan yang keren:

1. Jika tidak yakin berapa panjang jenggot atau rambut wajah yang kita inginkan, ukurlah dari bagian sudut kepala menuju bawah.

2. Gunakan sisir jenggot untuk merapikan rambut wajah, termasuk kumis. Rapikan semua rambut wajah yang menonjol atau menggantung di dekat bibir.

3. Gunting rambut wajah untuk memangkas kumis.

4. Gunakan pelindung pencukur atau trimmer guard yang sesuai dengan wajah kita. Seringkali, pelindung alat cukur berbeda-beda dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Panjang pelindung seringkali ditentukan oleh jenis pemangkas, apakah khusus untuk jenggot atau kumis.

5. Rapikan rambut wajah saat kering agar tertata lebih apik dan tidak mudah berantakan.

Baca juga: Tips Dasar Perawatan Rambut Pria

Untuk membuat gradasi, kita bisa menggunakan alat pencukur dengan cara sebagai berikut:

Atur kecepatan saat mencukur: Atur kecepatan alat pencukur ke nomor tiga dan cukur seluruh rambut wajah.

Bersihkan bagian bawah leher: Kurangi kecepatan alat pencukur ke nomor 1 dan cukur bersih bagian bawah leher hingga lima sentimeter di bawah rahang.

Bentuk gradasi: Alihkan kecepatan alat ke nomor 2 dan arahkan ke area yang masih terdapat rambut. Cukur dengan lembut dan buat gradasi yang diinginkan.

Bersihkan sisa rambut yang menonjol: atur kecepatan alat cukur hingga nol dan arahkan alat ke bagian leher dan bersihkan bagian sisi leher kita.

Cara merapikan garis-garis rambut di wajah

Sebelum mencukur jenggot, rapikan garis-garis rambut di area leher untuk mencegah tumbuhnya rambut di area leher sehinga terlihat lebih rapi.

Untuk merapikan garis-garis rambut di wajah, letakan dua jari di atas jakun. Bayangkan bentuk-U yang terhubung ke bagian belakang setiap telinga, dan bertemu di tengah-tengah di bagian bawah U. Cukur semua rambut di bawah garis ini dengan pisau cukur atau alat cukur elektrik.

Halaman:
Sumber GQ
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com