Kecantikan Tenun di Balik Busana Kekinian

Kompas.com - 06/09/2019, 07:00 WIB
Koleksi busana Season of Soul hasil kolaborasi Satu Studio dan Cita Tenun Indonesia (CTI), yang diperagakan di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (3/9/2019). KOMPAS.com/Nabilla TashandraKoleksi busana Season of Soul hasil kolaborasi Satu Studio dan Cita Tenun Indonesia (CTI), yang diperagakan di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (3/9/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Masih banyak orang yang beranggapan kain nusantara hanya cocok dikenakan untuk acara-acara formal.

Padahal, lewat tangan-tangan kreatif, kain nusantara bisa "disulap" menjadi busana kekinian yang bisa digunakan kapan saja dan di mana saja.

Salah satunya adalah koleksi busana ready to wear "Season of Soul" hasil kolaborasi Satu Studio dan Cita Tenun Indonesia (CTI).

Pendiri Satu Studio, Shabura Sebastian mengungkapkan, 24 tampilan busana yang diperagakan memiliki tone warna musim gugur, seperti merah tua (maroon), terracotta, biru navy, hijau tua, krem, nude, hingga kuning.

Baca juga: Tenun Ikat Sikka, Tenun Pertama yang Dilindungi Kekayaan Intelektualnya

Warna-warna tersebut dipadukan dengan kain tenun dan songket dari beberapa daerah yang tersemat sebagai aksen penyempurna busana.

"Semuanya di-mix dengan tenun dan songket yang ada di Cita Tenun Indonesia," ujarnya di kawasan Senayan, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Menyasar konsumen perempuan yang aktif, modis dan gemar 'timeless', Satu Indonesia banyak bermain dengan siluet-siluet lurus ke dalam bentuk gaun panjang, jumpsuit, hingga jaket.

Pada beberapa busana, kain nusantara dimasukkan sebagai aksen pemanis. Misalnya, patch pada bagian belakang gaun, aksen pada off-shoulder dress, hingga dipadukan secara seimbang pada busana dengan potongan asimetris.

Kain-kain nusantara itupun dipadukan dengan bahan-bahan lainnya menyesuaikan tingkat kelenturan kain itu sendiri.

"Lebih banyak memadukannya dengan crepe silk, satin silk, chiffon silk," ucap Shabura.

Baca juga: Mickey Mouse Jadi Inspirasi Koleksi Tenun Ikat Indonesia

Koleksi busana Season of Soul hasil kolaborasi Satu Studio dan Cita Tenun Indonesia (CTI), yang diperagakan di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (3/9/2019).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Koleksi busana Season of Soul hasil kolaborasi Satu Studio dan Cita Tenun Indonesia (CTI), yang diperagakan di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (3/9/2019).
Sementara bagi Ketua CTI Okke Hatta Rajasa, kreativitas para pelaku dunia mode saat ini membuat kain nusantara tak lagi sekadar bagian dari adat, tetapi juga menjadi bagian dari keseharian masyarakat. Tak terkecuali koleksi Season of Soul ini.

"Kain-kain ini menjadi sesuatu yang berbeda dan bisa digunakan anak-anak muda dengan lebih mengikuti tren mode dan kekinian," ujarnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X