Perawatan "Rumahan" untuk Atasi Sakit Otot "DOMS" Usai Olahraga

Kompas.com - 13/09/2019, 13:42 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Sakit otot adalah hal yang biasa terjadi setelah berolahraga. Jika kamu mengalaminya, berarti kamu mengalami delayed onset muscle soreness ( DOMS).

DOMS terjadi karena ada robekan kecil (microtears) dalam otot yang memicu proses peradangan pada 24-48 jam setelah olahraga intensif.

Demikian diungkapkan Associate professor of kinesiology dari Manhattan College, Tedd Keating, PhD, seperti dikutip dari laman Popsugar.

Mengatasi DOMS bisa menjadi hal yang rumit. Ada banyak studi yang menyebutkan tentang cara pengobatan yang paling tepat untuk mengatasinya.

Namun, hal yang perlu kita lakukan adalah mengobati rasa tidak nyaman yang muncul dan terasa mengganggu.

Baca juga: Demi Nikah, Lelaki Ini Pangkas Bobot dan Bangun Otot Cuma 4 Bulan

Beberapa profesional meyakini, robekan otot dan peradangan tersebut terjadi karena gerakan gerakan eksentrik yang menarik otot, seperti squat atau deadlift.

Selain itu, melakukan olahraga yang belum dilakukan sebelumnya atau meningkatkan repetisi juga bisa membuat kita mengalami DOMS.

Ada beberapa metode pengobatan "rumahan" yang bisa membantu mengatasi rasa sakit otot sebagai langkah awal. 

1. Es dan panas

Meskipun beberapa studi menemukan bahwa es menghambat proses pemulihan, Keating mengatakan es bisa bermanfaat untuk mengatasi rasa sakit pada otot.

Terapis fisik Tyler Denn-Thiele, DPT, CSCS menjelaskan, panas pada heating pad juga bisa membantu mengatasi rasa tidak nyaman ketika sakit otot.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Popsugar
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X