Kompas.com - 11/10/2019, 12:05 WIB
Ilustrasi kemiri shutterstockIlustrasi kemiri
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Banyak orang sudah mengetahui manfaat minyak kemiri untuk kesehatan rambut. Ya, manfaat minyak kemiri untuk rambut memang sangat banyak, dan itu bukan sekadar mitos mengingat kandungan bahan ini memang baik untuk kulit kepala.

Kemiri (Aleurites moluccanus) merupakan buah dari pohon kemiri yang banyak tumbuh di daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Bentuk buahnya mirip kacang walnut sehingga banyak orang yang juga menyebutnya sebagai walnut Indonesia.

Meski demikian, kemiri tidak boleh dikonsumsi mentah-mentah karena beracun. Kemiri harus diolah (dimasak atau dijadikan minyak) terlebih dahulu agar manusia dapat merasakan manfaatnya, misalnya untuk meredakan asma, penyakit pencernaan, hingga menguatkan rambut.

Secara umum, kemiri banyak diolah menjadi berbagai produk kesehatan. Minyak kemiri banyak digunakan untuk mengatasi nyeri sendi, menyembuhkan luka bakar, luka sayatan, luka sengatan matahari, hingga menaikkan kerja sistem imun.

Baca juga: Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Rambut

Manfaat minyak kemiri untuk rambut dan kulit kepala juga banyak. Berikut beberapa di antaranya:

Mencegah rambut kering

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Manfaat minyak kemiri yang pertama adalah melembapkan rambut karena kandungannya kaya akan asam amino dan asam lemak esensial yang dapat menembus hingga ke dalam lapisan kulit kepala.

Hal ini membuat minyak kemiri dapat membuat rambut terlihat sehat dan tidak kering.

Membuat rambut berkilau

Minyak kemiri juga mengandung asam gamma-linoleic yang dapat berfungsi sebagai conditioner alami bagi rambut.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X