Kurang Tidur Berisiko Turunkan Daya Ingat

Kompas.com - 15/10/2019, 20:24 WIB
Ilustrasi Insomnia OcusFocusIlustrasi Insomnia

KOMPAS.com - Tak sedikit orang yang mengalami sulit tidur. Entah itu terus-menerus terbangun di malam hari atau bahkan tak bisa tidur sama sekali. Kondisi ini tentu melelahkan, apalagi jika kita sudah dinanti setumpuk pekerjaan di pagi hari.

Seorang ahli tidur menjelaskan apa yang sebenarnya akan terjadi pada otak kita, jika kita tak cukup tidur.

Matthew Walker, profesor ilmu saraf dan psikologi di University of California dan penulis buku Why We Sleep mengungkap tentang segala sesuatu yang bisa terjadi pada tubuh setelah tidur malam yang buruk.

Salah satu informasi pertama yang dia berikan adalah bahwa hal itu berpengaruh pada ingatan kita.

"Kita tentu tahu, bahwa kurang tidur benar-benar dapat mencegah otak untuk membuat kenangan baru, jadi seolah-olah tanpa tidur yang cukup, memori otak dimatikan dan kamu tidak akan memiliki ingatan baru," kata Walker.

Baca juga: 5 Langkah Mudah Atasi Masalah Sulit Tidur

Bukan hanya tak dapat menciptakan ingatan baru, jika kondisi ini didiamkan, selanjutnya akan berisiko menyebabkan penyakit Alzheimer.

" Kurang tidur akan menyebabkan peningkatan pengembangan protein beracun di otak yang disebut beta-amiloid dan ini berkaitan dengan penyakit Alzheimer,” jelas Walker.

“Karena saat tidur nyenyak di malam hari sistem pembuangan kotoran di dalam otak sebenarnya sedang membasuh protein beracun ini," lanjutnya.

Matthew menjelaskan, bahwa tingkat “daur ulang manusia" adalah 16 jam, dan jika kita mencapai 19 atau 20 jam tanpa beristirahat dengan benar, kondisi mental kita akan sama seperti orang yang sedang mabuk.

Baca juga: Tanda Kurang Tidur Selain Gampang Mengantuk

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber her.ie
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X