11 Cara Menjaga Tulang Belakang Tetap Sehat hingga Tua

Kompas.com - 16/10/2019, 11:19 WIB
Ilustrasi tulang belakang horillazIlustrasi tulang belakang

KOMPAS.com - Seiring bertambahnya usia, fungsi vital tubuh kita semakin menurun. Tulang punggung sebagai salah satu organ vital tubuh juga mulai menua sejak usia 30 tahun dan semakin menua ketika menginjak 40-60 tahun.

Tulang punggung lama-kelamaan menjadi kurang protektif dan menjadi sempit seiring bertambahnya usia.

Ketika sumsum tulang belakang kehilangan elastisitasnya, orang bisa mengalami sakit punggung parah yang menurunkan kualitas hidup mereka sehingga tugas sehari-hari terhambat.

Sebuah studi yang dilakukan oleh National Institute of Neurological Disorders and Stroke menemukan, penyebab utama nyeri tulang belakang adalah penyakit tulang belakang yang menyebabkan pembengkakan, gelisah, berkurangnya fleksibilitas, hingga berkurangnya mobilitas tulang belakang.

Baca juga: Diet Bisa Berdampak Buruk pada Kekuatan Tulang, Apa Alasannya?

Namun, tidak ada kata terlambat untuk memulai gaya hidup sehat demi tulang belakang yang sehat. Kebiasaan-kebiasaan ini bisa dilakukan sejak usia muda:

1. Bergerak aktif

Tetap bergerak aktif sangat penting untuk kesehatan tulang belakang, tulang lainnya, jantung, dan bagian tubuh lain. Semakin aktif, maka semaki besar kontribusi kita terhadap kesehatan tulang belakang.

Kamu bisa memilih aktivitas yang disukai, mulai dari berenang, pergi ke gym, jalan kaki, atau aktivitas lainnya yang bisa menjaga tubuh tetap aktif dan sehat.

2. Peregangan


Fleksibilitas sangat penting ketika bicara mengenai kesehatan tulang belakang. Peregangan rutin membuat tubuh fleksibel, artinya fungsi-fungsi sendi juga akan bekerja dengan baik.

Peregangan juga membantu meredakan kekakuan otot dan meningkatkan stabilitas tubuh.

Baca juga: Mengapa Olahraga Lari Bagus untuk Tulang Belakang

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Boldsky
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X