BrandzView
Konten ini merupakan kerjasama Kompas.com dengan Aqua

Agar Fit Sepanjang Hari, Lakukan Ini Saat Bangun Pagi

Kompas.com - 22/11/2019, 19:03 WIB
Ilustrasi bangun pagi fizkesIlustrasi bangun pagi

KOMPAS.com – Pagi itu, tepat pukul 07.00 WIB, Fahrul (28) seorang akuntan di perusahaan swasta bersiap ke kantor dengan wajah murung, seolah tak memiliki energi.

Benar saja, sesampai di kantor, Fahrul menjalani aktivitas dengan performa yang tidak biasanya. Padahal hari itu, setumpuk berkas pekerjaan harus ia selesaikan. Akibatnya, Fahrul pun ditegur atasannya.

Apa yang terjadi pada Fahrul, bisa jadi menimpa kita semua terlebih bila tak pandai menjaga kondisi fisik dan mental.

Maka dari itu, sebelum memulai aktivitas di pagi hari ada baiknya Anda melakukan beberapa kegiatan yang dapat mengembalikan kondisi tubuh menjadi prima.

Riset yang dilakukan University of Leipzig pada 2009 mengungkapkan bahwa ada beberapa aktivitas sederhana pada pagi hari yang dapat mengantarkan hidup menjadi lebih sehat.

Bahkan kalau dilakukan secara teratur, dapat berpengaruh pada kualitas pribadi meliputi fisik dan mental dalam menjalani aktivitas.

Meski terlihat sederhana, namun memiliki dampak luar biasa bagi tubuh. Berikut daftarnya:

Meditasi

Kara Lydon, seorang guru yoga dari Boston, Amerika Serikat, mengatakan jika rutin melak,ukan meditasi di pagi hari dapat meredam berbagai perasaan negatif seperti rasa cemas, takut dan stres.

Meditasi pada umumnya dilakukan dengan duduk sejenak, memejamkan mata, dan mengatur nafas sedemikian rupa. Hal ini dapat berdampak pada meningkatnya rasa syukur, otak lebih dapat berkonsentrasi, dan pikiran menjadi fokus.

“Riset menunjukkan bahwa meditasi bisa mempengaruhi otak kita, dan menghidupkan area yang terkait dengan kesadaran,” ujar Lydon seperti diwartakan Kompas.com (12/07/2017).

Konsumsi buah dan sayuran

Dalam memenuhi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh, mengkonsumsi buah dan sayuran pada pagi hari sangat disarankan.

Samantha Cassetty, konsultan nutrisi dari New York, menyebutkan dengan mengkonsumsi buah-buahan di pagi hari dapat membantu sistem pencernaan dengan membersihkan racun sekaligus memasok vitamin.

“Bisa dengan mengkonsumsi pisang, buah naga, apel, atau buah lainnya di pagi hari untuk mendapatkan manfaat terbaik untuk kesehatan,” ujar Samantha.

Minum air putih

Minum air putih setelah bangun pagi menjadi kebiasaan baik yang paling mudah untuk dilakukan. Sederhana namun luar biasa dampaknya, terlebih saat menyadari jika 70 persen tubuh manusia terdiri dari air.

Dilansir dari laman Life Hack, meminum air putih saat bangun pagi dapat membantu menetralkan tubuh dari racun. Minum banyak air juga dapat membantu meningkatkan produksi sel otot dan sel darah baru.

Jika rutin dilakukan, dampaknya tubuh akan menjadi sehat dan segar sepanjang hari.

Namun meskipun begitu kualitas air putih juga harus diperhatikan. Karena jika tidak, bukan tubuh sehat yang akan didapat, melainkan penyakit lewat air yang kita minum.

Berkualitas atau tidaknya air putih yang diminum tergantung bagaimana cara penyajiannya.

Seperti yang dilakukan Aqua saat menjaga standar tinggi produk dengan melakukan pengecekan hingga 400 tahap.

Sebagaimana diketahui, produk Aqua menggunakan mata air pegunungan. Tak hanya itu, pemilihan sumber mata air pegunungan pun dilakukan tidak sembarang.

Aqua melibatkan para ahli dari berbagai disiplin ilmu dengan melakukan lima tahapan penelitian selama minimal satu tahun.

Kemurnian produk Aqua telah terjaga lebih dari 45 tahun. Maka tak heran, hingga saat ini Aqua telah meraih tujuh sertifikasi internasional

Lakukan peregangan

Seiring lamanya tidur serta ragam aktivitas sehari sebelumnya membuat otot tubuh kerap nyeri dan kaku saat bangun di pagi hari.

Untuk itu Ryan Whitcomb, seorang pelatih kebugaran di New Jersey menyarankan untuk melakukan peregangan sesaat setelah bangun dari tidur.

Dengan melakukan hal tersebut, peredaran darah lebih lancar dan membuat kita lebih segar saat bangun.

“Peregangan juga menghindarkan kita dari cedera sebelum melakukan aktivitas, serta menghilangkan kekakuan akibat posisi tubuh yang tidak benar,” ujar Ryan

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya