Kompas.com - 26/12/2019, 18:52 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi


KOMPAS.com - Manusia adalah makhluk yang pesimis. Ini karena kita memang memiliki bawaan untuk selalu berpikir negatif, memikirkan sesuatu yang buruk dan beranggapan hal yang buruk akan terjadi.

Sebagai contoh, kita biasanya lebih mengingat satu teguran dari bos bahwa kita ceroboh dibandingkan dengan puluhan kali ucapan darinya tentang kehebatan yang dilakukan.

Sekeras apa pun kita berupaya untuk melihat sisi positif dari sebuah kejadian, kita akan kesulitan karena kita memang tidak dibuat seperti itu.

Otak manusia berkembang ribuan tahun yang lalu, ketika manusia purba harus menghadapi bahaya setiap waktu saat menjelajahi sabana, siaga jika sewaktu-waktu ada yang siap menyerang.

Kondisi itu, menurut psikolog sosial Roy Baumeister, Ph.D., membuat kita selalu memiliki “bias negatif ” dan hingga saat ini masih mengatur bagaimana kita berpikir.

Bias negatif menyebabkan stres yang tak perlu, memberi kita pandangan yang keliru tentang dunia. Media sosial memperburuknya.

"Kita hanya fokus pada apa yang salah (di masa sekarang) dan menganggap itu akan terus salah (di masa depan). Kita putus asa, kehilangan harapan, dan menyimpulkan bahwa segalanya tidak akan berubah," kata John Tierney, yang bekerja sama dengan Baumeister menulis buku The Power of Bad.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Hidup Lebih Tenang dengan Mengusir Pikiran Negatif

Melalui penelitian mereka, Baumeister dan Tierney menawarkan solusi nyata yang dapat membantu kita melawan naluri untuk berpikir negatif dan menjauhkan kita dari pesimisme.

1. Kekuatan empat aturan
Ada sebuah formula yang terkenal yang disebut Gottman Ratio, yaitu sebuah formula prediksi yang menunjukkan bahwa pasangan cenderung tetap bersama ketika mereka memiliki pengalaman positif lima kali lebih banyak daripada yang negatif.

Alih-alih lima banding satu seperti Gottam Ration, Baumeister menganggap empat banding satu sebagai rasio kepositifan. Hal ini bisa kita terapkan terutama saat menyangkut anak-anak Anda, pasangan Anda, bawahan dan bos Anda.

Halaman:


Sumber menshealth
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.