Kompas.com - 07/01/2020, 09:20 WIB
Ilustrasi gembira shutterstockIlustrasi gembira

 

KOMPAS.comKesehatan mental begitu penting dijaga demi keberlangsungan hidup manusia. Stress, kecemasan dan konflik terkadang membuat mental kita sedikit terguncang.

Belum lagi bila pekerjaan menumpuk dan masalah keluarga muncul bersamaan, membuat otak terus dipaksa berpikir dan tentu akan mempengaruhi kesehatan mental kita.

Namun sebenarnya perasaan itu bisa dikendalikan. Berikut adalah 9 hal yang bisa kamu lakukan agar kesehatan mentalmu tetap terjaga.

1. Makan makanan yang sehat

Ilustrasi menyantap makanan bernutrisiSHUTTERSTOCK Ilustrasi menyantap makanan bernutrisi
Ada sejumlah besar penelitian tentang hubungan antara diet kita dan kesehatan mental kita, termasuk bukti yang menunjukkan bahwa peningkatan kualitas diet sebenarnya dapat membantu mengobati depresi klinis.

Ahli gizi Melissa Brunetti, yang berspesialisasi dalam hubungan antara makanan dan suasana hati, baru-baru ini mengungkapkan kombinasi sarapan terbaik bagi mereka yang membutuhkan dorongan yakni, telur dan roti bakar gandum dengan alpukat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Makanan ini mengandung asam amino, omega-3, serat, vitamin D dan, yang paling penting, asam lemak.

“Otak kita adalah sekitar 60% lemak dan kita perlu mendapatkan lemak kita dari sumber makanan. Alpukat kaya akan triptofan, yang merupakan pra-kursor ke serotonin, yang merupakan bahan kimia perasaan-baik. Ia juga mengandung folat dan Omega 3,” ujar Brunetti.

Baca juga: 7 Kebiasaan Buruk yang Bisa Menyebabkan Gangguan Mental

2. Aktif bergerak, walau hanya beberapa menit

Ilustrasi jalan kakiPointImages Ilustrasi jalan kaki
Sebuah studi yang dipimpin oleh Black Dog Institute menemukan bahwa sejumlah kecil latihan fisik, terlepas dari intensitas, dapat membantu mencegah depresi di masa depan.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.