Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 22/11/2022, 05:20 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Haid yang tidak lancar bisa menyebabkan kaum hawa merasa tersiksa untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Untuk mengatasinya, banyak orang minum soda untuk melancarkan haid. Apakah itu cara yang benar?

Banyak orang yang menyarankan untuk minum soda selama masa menstruasi. Hal tersebut bertujuan untuk memperlancar keluarnya darah sehingga siklus haid bisa dipersingkat. 

Namun sebelum kamu ikut-ikutan, ketahuiah bahwa melancarkan haid dengan soda sebenarnya adalah mitos.

Kandungan kafein yang tinggi dalam minuman soda atau minuman berkarbonasi justru dapat memperburuk gejala haid yang kamu alami, seperti kram perut, perut kembung, sakit kepala, dan lainnya.

Menurut sejumlah pakar kesehatan, minum minuman soda saat menstruasi justru dapat menyebabkan kondisi penyempitan pembuluh darah atau dalam dunia medis dikenal dengan istilah vasokonstriksi. Akibatnya, dapat meningkatkan rasa sakit perut saat haid.

Minuman bersoda juga mengandung gula yang tinggi. Konsumsi gula yang tinggi dapat menahan air dan natrium di dalam tubuh sehingga semakin memperburuk gejala perut kembung saat haid.

Selain itu, minuman bersoda juga dapat menyebabkan seseorang semakin moody atau mengalami perubahan suasana hati yang naik turun selama menstruasi.

Alih-alih melancarkan haid, minum minuman soda dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung sehingga menyebabkan kecemasan dan ketegangan. Akibatnya, kamu jadi merasa lebih tidak nyaman saat haid.

Setelah mengetahui fakta yang telah dijelaskan di atas, kebiasaan memperlancar haid dengan soda agar siklus menstruasi menjadi lebih singkat memang sebaiknya perlu dihindari.

Baca juga: Benarkah Minum Softdrink Mempercepat Siklus Haid?

Namun, sejumlah peneliti dari Harvard School of Public Health menemukan fakta unik bahwa minum minuman bersoda bisa mempercepat remaja perempuan mendapatkan haid pertama.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Human Reproduction ini melibatkan lebih dari 5,500 remaja perempuan asal Amerika Serikat berusia 9-14 tahun yang belum mengalami menstruasi pertama.

Peneliti juga memberikan sejumlah pertanyaan kepada partisipan mengenai pola makan, termasuk seberapa sering mereka mengonsumsi minuman soda dan jenis minuman manis lainnya, seperti jus buah dan es teh manis.

Hasilnya, remaja perempuan yang minum soda dan minuman manis lain lebih dari 1,5 porsi setiap hari mendapatkan haid pertama tiga bulan lebih awal dibandingkan remaja perempuan yang jarang mengonsumsinya setiap minggu.

Ketika para peneliti melihat efek dari jenis minuman tertentu secara spesifik, mereka menemukan bahwa minum-minuman dengan gula tambahan, termasuk soda, memang dapat mempercepat haid pertama kali pada remaja.

Tetapi, tidak demikian halnya dengan jenis minuman yang tidak mengandung gula, seperti beberapa jus buah tanpa gula.

Halaman:
Sumber


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com