Kisah Perempuan Plus Size Berjuang Lewat Kontes Kecantikan

Kompas.com - 21/02/2020, 15:23 WIB
Kat Henry (kedua dari kanan) bersama kontestan Ms Great Britain lainnya dan mantan Ms Great Britain Deone Robertson. Instagram @kat_v_henryKat Henry (kedua dari kanan) bersama kontestan Ms Great Britain lainnya dan mantan Ms Great Britain Deone Robertson.

KOMPAS.com - Kontes kecantikan seringkali identik dengan perempuan bertubuh jenjang dan ramping.

Penampilan para kandidat begitu memukau, membuat sebagian perempuan bermimpi untuk bisa mengikuti kontes kecantikan suatu hari.

Kat Henry adalah satu dari sekian banyak perempuan yang senang menyaksikan Miss Universe dan Miss World sejak usia muda. Ia berharap suatu saat punya kesempatan untuk ikut di kontes serupa.

Baca juga: Peserta Pakai Hanbok Seksi, Kontes Kecantikan Korea Diprotes

Namun, sebagai perempuan bertubuh ' plus size' dan kulit gelap, Kat merasa belum pernah melihat kontestan dengan penampilan seperti dirinya.

Namun, di usianya yang ke-30 pada 2014 lalu, ia memutuskan untuk mengikuti kontes kecantikan pertamanya.

Ia mengikuti Ms British Beauty Curve, sebuah kompetisi untuk perempuan 'plus size' berukuran lebih dari 14 dan memenangkannya.

Enam tahun berlalu, banyak gelar telah ia dapatkan. Tahun ini, perempuan yang mewakili Surrey tersebut menjadi salah satu dari 25 kontenstan yang berkompetisi untuk Miss Great Britain.

Baca juga: Kisah Kelam Para Model Bertubuh Plus Size

Miss Great Britain sendiri merupakan kontes untuk siapa saja yang berusia di atas 27 tahun, tanpa batasan usia atas dan merupakan salah satu kontes kecantikan terbesar di Inggris.

Jelang pengumuman pemenang, Kat sedang melakukan persiapan untuk hari besarnya.

Kepada Metro.co.uk, ia mengatakan bahwa kebanyakan kontestan sebetulnya tidak memiliki penampilan fisik seperti dirinya.

"Tipikal kontestan Miss Great Britain punya tubuh tinggi, jenjang, ramping, dan berkulit cerah. Sangat jarang perempuan berkulit gelap atau 'plus size' memenangkan kontes besar ini," ungkapnya.

Namun, alih-alih membuatnya putus asa, kondisi tersebut justru membuatnya termotivasi untuk menjadi contoh bagi perempuan-perempuan lainnya dan mendobrak stereotip yang ada.

Perempuan yang memiliki latar belakang teater musikal ini memang mengawali karirnya di kontes kecantikan khusus perempuan 'plus size'.

Baca juga: Manekin Plus-Size Nike, Karena Olahraga untuk Semua

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X