Kompas.com - 23/02/2020, 11:10 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Tahi lalat baru muncul di masa kanak-kanak dan remaja. Biasanya, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun, ada beberapa tanda tahi lalat balita menunjukkan melanoma.

Seiring anak tumbuh, tahi lalat juga akan membesar secara alami. Tahi lalat di kulit Si Kecil juga bisa menggelap atau menjadi lebih terang warnanya, bahkan memudar. Perubahan ini wajar dan jarang menjadi tanda melanoma, sejenis kanker kulit yang bisa berawal dari tahi lalat.

Apa Itu Melanoma?

Melanoma adalah sejenis kanker yang berawal di melanosit, sel di lapisan teratas kulit alias epidermis. Melanosit memproduksi melanin, pigmen yang menentukan warna kulit.

Pada laki-laki, melanoma paling sering muncul di badan, kepala, dan leher, sedangkan pada perempuan tampak di tungkai bagian bawah juga selain di bagian-bagian tubuh tadi.

Melanoma juga bisa berkembang di bagian tubuh lain seperti mata, mulut, kelamin, dan anus. Namun, penyakit ini jarang terjadi pada balita, termasuk di Indonesia.

Bagaimanapun juga, ada beberapa tanda tahi lalat balita harus diperiksakan ke dokter kulit. Jika diketahui sejak dini, melanoma dapat disembuhkan.

Baca juga: Kanker Anak Bisa Disembuhkan, Natarini Telah Membuktikannya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tanda Melanoma
Melanoma seringkali berawal sebagai tahi lalat atau benjolan di kulit. Ingat rumus ABCDE ala KidsHealth ini saat mengecek tahi lalat:

• A (asymmetry/asimetris): apakah sisi kiri dan kanan tahi lalat berbeda?

• B (border/pinggiran): apakah pinggirannya samar dan tidak jelas? Apakah tahi lalat tampak seperti melebar ke samping?

• C (color/warna): apakah tahi lalat tampak lebih gelap atau terang dari biasanya, atau apakah ada area warna baru, misalnya hitam, biru, ungu, merah, atau putih?

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.