Begini Ternyata Aturan Minum Air Putih yang Benar

Kompas.com - 17/03/2020, 17:35 WIB
Ilustrasi minum air MongkolChuewongIlustrasi minum air
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Cairan merupakan salah satu komponen penting yang sangat dibutuhkan tubuh. Untuk memenuhi asupan cairan tubuh, kita dapat menyiasatinya dengan rutin minum air putih secara teratur dengan jumlah yang cukup.

Meski demikian, terdapat aturan minum air putih yang perlu kita ketahui.

Sebab, kekurangan maupun kelebihan asupan air putih, sama-sama dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Kita mungkin terbiasa mendengar anjuran untuk mengonsumsi minimal 8 gelas air per hari. Padahal, aturannya tidak seperti itu, lho. Jadi, seperti apa aturan minum putih yang sebaiknya dijalankan, untuk menjaga kesehatan tubuh?

1. Bukan 8 gelas per hari:

Tak banyak yang menyadari, aturan populer soal minum air putih 8 gelas per hari tidak memiliki bukti ilmiah yang kuat.

Justru aturan minum air putih yang tepat menurut Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board adalah 2,7 liter per hari bagi wanita. Sementara itu, pria membutuhkan 3,7 liter air putih per hari.

2. Minum air putih setelah bangun tidur:

Aturan selanjutnya adalah minum air putih setiap bangun tidur. Kita sebaiknya mengonsumsi 1-2 gelas air putih setiap harinya, sesudah bangun.

Minum air putih setelah bangun tidur dapat membantu mengisi ulang kembali cairan yang hilang ketika kita terlelap selama 7-8 jam.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X