7 Benda yang Perlu Disingkirkan dari Kamar Mandi

Kompas.com - 27/03/2020, 10:43 WIB
Desain kamar mandi mungil www.freshome.comDesain kamar mandi mungil

KOMPAS.com – Manfaatkan waktu selama di rumah saja untuk membersihkan dan menata hunian. Kita bisa memulainya dari kamar mandi.

Harus diakui, kamar mandi seringkali jadi markas dari berbagai benda, mulai dari produk perawatan yang kadaluwarsa sampai benda yang sebenarnya tidak kita pakai.

Berikut adalah beberapa benda yang sebaiknya kita singkirkan dari kamar mandi agar tempat membersihkan diri ini selalu rapi:

1. Benda yang tidak kita pakai lagi
Bila ada benda yang sudah tidak kita pakai selama setahun, lebih baik buang atau sumbangkan jika masih bisa dipakai. Menurut pakar penataan barang, Annie Draddy, benda yang sudah tidak dipakai selama setahun besar kemungkinan tidak akan pernah kita gunakan.

“Agar area lebih lapang dan rapi, buang semua produk tak terpakai yang selama ini hanya tersimpan di rak kamar mandi. Misalnya produk perawatan rambut atau losion yang sudah dipakai tapi kita tak menyukainya,” katanya.

Baca juga: 5 Tips Mudah Bebaskan Rumah dari Virus Corona

2. Pakaian kotor
Kamar mandi sering menjadi tempat menggantung atau menaruh pakaian kotor sebelum kita cuci. Namun, sebenarnya ini bukan kebiasaan baik.

Siapkan satu wadah tempat cucian kotor di depan atau dalam kamar mandi. Pilih yang bentuknya ramping jika kamar mandi kita tak terlalu luas. Sebaiknya jangan simpan cucian kotor terlalu lama di wadah tersebut.

3. Produk kadaluwarsa
Buka rak di kamar mandi dan periksa masa kadaluwarsa sutu produk. Beberapa produk perawatan, seperti pelembab, cat kuku, atau pun scrub badan, memiliki masa kadaluwarsa. Menyimpannya hanya akan menjadi tempat berkumpulnya kuman.

4. Produk pembersih rumah

Buat satu tempat khusus untuk menyimpan produk-produk pembersih rumah. Hindari menumpuknya di kamar mandi. Dengan menyimpannya di satu tempat khusus kita akan lebih mudah jika akan mencarinya.

Kamar mandi dengan skylightwww.jandjfarmsgc.com Kamar mandi dengan skylight

5. Toiletries dari hotel
Banyak orang yang hobi menyimpan toiletries dari hotel karena bentuk botolnya imut dan unik. Namun, seringkali benda tersebut hanya menumpuk saja di kamar mandi sampai berdebu dan berjamur.

6. Produk yang gampang terpengaruh kelembaban
Tak sedikit orang yang menyimpan produk kosmetik atau obat-obatan di rak kamar mandi. Padahal, kamar mandi merupakan tempat yang lembab dan produk tersebut mudah berubah karenanya. Sebaiknya simpan produk perawatan tubuh dan juga obat di tempat yang kering.

7. Buku atau majalah
Buku-buku dan majalah juga termasuk benda yang tidak akan bertahan lama di tempat dengan kelembaban tinggi seperti kamar mandi. Lagi pula, menurut penelitian tidak sehat kita duduk terlalu lama di toilet untuk membaca.

Baca juga: Ubah Stres Jadi Bahagia Selama “Diam” di Rumah Bersama Anak

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X