Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/04/2020, 14:00 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tak sedikit orang yang mengeluh atau bersedih hati karena berstatus lajang alias jomblo. Bagi kamu yang mengalaminya, ada sedikit kabar yang mungkin bisa melegakan hati.

Penelitian ilmiah menunjukkan ada banyak manfaat fisik dan mental yang dialami seseorang ketika melajang, meskipun beberapa orang masih menganggapnya sebagai status yang menakutkan. Banyak yang takut sendirian.

"Ada banyak orang yang merasa seperti ini, mereka tidak takut pada apa pun selain sendirian, karena bagi mereka ini adalah kasus terburuk yang bisa terjadi," kata psikolog Carolin Müller kepada Insider.

Beberapa orang bahkan berpindah dari satu hubungan ke hubungan lain karena mereka merasa terikat pada perasaan menyenangkan yang didapatkan dari sebuah perhatian pasangan.

Baca juga: Banyak Orang Takut Jadi Jomblo, Ini Bukti Status Single Bukan Akhir Dunia

 

Meskipun kondisi tersebut juga berisiko terjebak pada hubungan yang toksik. Terutama ketika berhubungan dengan seseorang yang salah, hanya karena tak mau jadi jomblo.

Bahkan beberapa klien Muller mengaku belum pernah melajang dalam hidup mereka.

"Itu adalah rasa takut yang aneh. Kupikir jika kamu sendirian, itu adalah kesempatan yang baik untuk mengenal dirimu sendiri dan belajar untuk lebih mencintai diri sendiri," katanya.

Ketergantungan

Müller menambahkan, jika seseorang mendapatkan semua kepercayaan diri dan harga dirinya dari apa yang dikatakan orang lain padanya, maka individu tersebut akan menjadi ketergantungan.

Misalnya, ketika seseorang senang mendengar pujian dari kekasihnya bahwa dirinya adalah orang yang menyenangkan, cantik dan luar biasa, dia hanya akan mendapatkan validasi dari luar karena tidak mengatakan hal itu pada dirinya sendiri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com