Kompas.com - 15/04/2020, 11:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Sebagian orang sudah hampir satu bulan menjalani work from home (bekerja dari rumah) karena dampak pandemi Covid-19 dan entah kapan kondisi ini akan berakhir.

Meski hanya di rumah, namun banyak orang justru merasa lebih mudah sepanjang hari lelah ketika WFH. Selain itu, banyak yang juga merasakan jam kerjanya lebih panjang daripada hari-hari biasanya.

Jika kamu salah satunya, alasan berikut mungkin menjadi penyebabnya:

1. Rutinitas berubah drastis

Segala hal di sekeliling kita berubah selama pandemi, termasuk kehidupan sehari-hari. Sementara waktu tidur kita diatur oleh ritme sirkadian atau jam tubuh dalam 24 jam.

Ritme ini berfungsi ketika tubuh bekerja dalam rutinitas, seperti terpapar sinar matahari, makan dan bekerja. Ketika kita terus berada di dalam ruangan dalam waktu lama, jam biologis tersebut pun menjadi kacau.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bekerja dari rumah membuat batasan waktu kerja dan kehidupan pribadi menjadi lebih kabur, itulah sebabnya sebagian orang merasa waktu kerjanya menjadi lebih panjang. Kondisi ini membawa dampak besar pada tingkat energi kita.

Baca juga: Mengapa Jadi Susah Tidur Selama Karantina di Rumah?

2. Menghabiskan banyak waktu di tempat tidur

WFH mungkin membuat banyak dari kita bekerja dari tempat tidur. Meski terdengar nyaman, namun kondisi ini akan membuat tempat tidur diasosiasikan sebagai tempat untuk tetap terjaga dan akan mengganggu rutinitas tidur malam kita.

Selain itu, semakin lama waktu dihabiskan di tempat tidur, akan semakin tinggi pula keinginan kita untuk menambah waktu tidur. Maka, demi kuantitas dan kualitas tidur yang tepat, usahakan bekerja di luar tempat tidur, terutama pada pagi dan siang hari.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.