Kebijakan Terkini Berbagai Negara Lawan Pandemi Covid-19

Kompas.com - 21/04/2020, 11:18 WIB
Suasana Kota Kopenhagen, Denmark, saat masa penguncian (lockdown) karena wabah virus corona, 2 Maret 2020. Shutterstock/Oliver FoerstnerSuasana Kota Kopenhagen, Denmark, saat masa penguncian (lockdown) karena wabah virus corona, 2 Maret 2020.

KOMPAS.com - Kehidupan manusia di seluruh dunia berubah secara drastis akibat pandemi Covid-19 dan entah sampai kapan situasi ini akan kembali "normal". 

Saat ini, banyak negara dan pemerintah daerah menerapkan metode berbeda untuk menahan penyebaran virus corona baru, sembari mengupayakan masyarakat tetap beraktivitas namun dengan penyesuaian tertentu.

Sejumlah negara sedang menguji teknik baru untuk meringankan aturan pembatasan sosial tanpa memicu infeksi gelombang kedua. Sedangkan negara-negara lain mencoba strategi radikal untuk menghentikan jumlah kasus penularan.

Ruang kelas 2.0

Di banyak negara, sekolah mulai dibuka kembali, sehingga orangtua dapat kembali bekerja dan anak-anak melanjutkan pendidikan mereka.

Denmark menunjukkan bagaimana hal itu dapat dilakukan, dimulai dengan siswa berusia di bawah 12 tahun.

Pembatasan jarak fisik tetap dilakukan dengan membagi halaman sekolah menjadi beberapa bagian dengan isolas. Meja kelas ditempatkan dalam jarak dua meter.

Baca juga: Denmark Longgarkan Lockdown, Para Orangtua Menolak Kembali Sekolahkan Anak-anaknya

Anak-anak datang dan beristirahat dengan jeda waktu lama, mencuci tangan saat datang dan diulangi setiap dua jam, serta tetap berada di luar ruangan sebanyak mungkin.

Permukaan termasuk wastafel, dudukan toilet, dan gagang pintu didesinfeksi dua kali sehari.

Republik Ceko juga telah memulai fase yang dimulai dengan siswa tahun terakhir di perguruan tinggi dan universitas, yang diikuti siswa sekolah dasar, dan siswa sekolah menengah untuk konsultasi satu demi satu.

Halaman:


Sumber CNN
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X