Kompas.com - 07/06/2020, 13:34 WIB
Dalam foto 29 Mei 2020 ini, seorang wanita memegang plakat unjuk rasa ketika dia berteriak Anda tidak punya wewenang untuk membunuh kaum minoritas, di Kepolisian Kota Kansas selama protes melawan kebrutalan polisi dan kematian George Floyd di Country Club Plaza di Kota Kansas. AP/Tammy LjungbladDalam foto 29 Mei 2020 ini, seorang wanita memegang plakat unjuk rasa ketika dia berteriak Anda tidak punya wewenang untuk membunuh kaum minoritas, di Kepolisian Kota Kansas selama protes melawan kebrutalan polisi dan kematian George Floyd di Country Club Plaza di Kota Kansas.

KOMPAS.com— Aksi unjuk rasa menuntut penghapusan rasialisme dan mendukung kesetaraan di Amerika Serikat mendapat perhatian dari masyarakat dunia.  Sumbangan pun datang dari berbagai kalangan dan perusahaan maupun brand.

Salah satunya legenda basket NBA, Michael Jordan beserta merek Jordan Brand yang menyumbangkan dana sebesar 100 juta dollar AS atau setara dengan 1,4 triliun.

“Hari ini, kami mengumumkan bahwa Michael Jordan dan Jordan Brand akan menyumbangkan $ 100 juta selama 10 tahun ke depan bagi organisasi yang didedikasikan untuk memastikan kesetaraan ras, keadilan sosial dan akses yang lebih besar ke pendidikan,” tulis akun Instagram resmi Jordan dalam unggahannya.

Di keterangan gambar, brand Jordan mengatakan bahwa pihaknya adalah keluarga bagi komunitas kulit hitam.

“Kami mewakili keluarga yang bangga yang telah mengatasi hambatan, berjuang melawan diskriminasi di komunitas di seluruh dunia dan yang bekerja setiap hari untuk menghapus rasisme dan ketidakadilan,” tulis akun Jordan @jumpman23 tersebut.

Sebelumnya, seorang pria kulit hitam bernama George Floyf tewas di tangan polisi kulit putih bernama Derek Chauvin di Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat, pada 25 Mei lalu.

Kejadian ini lantas memicu gelombang protes di Amerika Serikat dan membangkitkan kembali isu rasial di dunia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.