Kompas.com - 11/06/2020, 08:15 WIB
Ilustrasi listrik ShuterstockIlustrasi listrik

KOMPAS.com - Bekerja dan melakukan aktivitas di rumah selama pandemi Covid-19 tentu membuat pengeluaran bertambah, terutama listrik karena pemakaian yang juga bertambah.

Belum lagi televisi dan AC menyala sepanjang hari karena semua anggota keluarga berada di rumah.

Agar tagihan listrik bulanan tidak terus membengkak, berikut tips cermat cara mengatasinya:

1. Gantu lampu di rumah menggunakan lampu hemat energi LED

Percaya atau tidak, lampu hemat energi LED benar-benar dapat menghemat pemakaian daya listrik mencapai di atas 50 persen. Selain itu, LED juga mempunya usia lebih lama dari bola lampu biasa.

Baca juga: Strategi Menghemat Listrik Meski Pakai AC Seharian

2. Pakai dan beli peralatan rumah tangga yang hemat energi

Seiring perubahan teknologi, kini produk peralatan rumah tangga pun berlomba-lomba melakukan inovasi. Salah satunya menciptakan peralatan rumah tangga yang ramah lingkungan dan hemat energi.

Hal ini tentu akan lebih murah di dompet dan juga lebih baik untuk lingkungan. Untuk mengetahui peralatan mana yang mengonsumsi lebih sedikit energi dari waktu ke waktu, lihatlah sistem yang tertera pada keterangan produk untuk peralatan hemat energi sebelum membelinya.

3. Matikan peralatan yang tidak perlu di malam hari

Jika sesuatu dimatikan (namun tetap dalam mode siaga), itu berarti tidak mengonsumsi listrik. Pendapat ini rupanya tidak benar.

Sebaiknya jangan meninggalkan apa pun dalam mode siaga, yang berarti bahwa mesin atau alat mengonsumsi energi bahkan saat tidak digunakan.

Untuk memastikan pemborosan energi minimal, matikan sakelar dari soket tempat perangkat terhubung, terutama saat tidur di malam hari.

Baca juga: 6 Langkah demi Cegah Kebakaran akibat Korsleting Listrik

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber asiaone
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X