Kompas.com - 11/06/2020, 19:26 WIB
ilustrasi sakit tenggorokan shutterstockilustrasi sakit tenggorokan
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sakit tenggorokan barangkali bukan hal yang asing bagi kita. Kondisi ini tentu membuat tak nyaman, karena adanya iritasi di organ ini, sehingga menimbulkan rasa nyeri. Bahkan juga membuat tenggorokan sakit saat menelan.

Sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh berbagai hal. Misalnya, saat demam, pilek, flu, hingga alergi. Pada kasus-kasus yang tidak parah, sebenarnya ada beberapa cara mengatasi sakit tenggorokan, yang bisa kita lakukan secara alami.

Berikut beberapa cara mengatasi sakit tenggorokan dengan bahan alami, yang bisa dilakukan di rumah.

1. Konsumsi madu

Ilustrasi maduALLEKO Ilustrasi madu
Kamu tentu sudah mengenal khasiat madu untuk meredakan sakit tenggorokan yang mengganggu. Kamu bisa langsung meminum madu beberapa sendok, atau mencampurkannya ke dalam teh hangat.

Penelitian ilmiah juga menemukan, mengonsumsi madu lebih efektif untuk meredakan batuk, dibandingkan dengan obat batuk komersial. Sebab, sering kali sakit tenggorokan juga disertai dengan batuk-batuk.

Selain itu, ada pula ahli yang menyebutkan, madu merupakan pemulih luka yang baik, sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Redakan Batuk dan Jerawat, Kenali Manfaat Alami Madu

2. Gunakan cuka apel

Ilustrasi sari cuka apelalicjane Ilustrasi sari cuka apel
Cuka apel sudah dikenal sebagai bahan yang bersifat antibakteri. Dengan sifat keasamannya, cuka apel dapat memecah lendir di tenggorokan, serta menghentikan penyebaran bakteri. Beragam penelitian membuktikan, cuka apel mampu melawan infeksi.

Jika sakit tenggorokan tiba-tiba melanda, cobalah larutkan 1-2 sendok teh cuka apel, ke dalam satu gelas air. Setelah itu, kamu bisa berkumur menggunakan larutan tersebut, serta menelannya sedikit.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X