Hati-hati, Siraman di Toilet Bisa Sebar Partikel Covid-19 ke Udara

Kompas.com - 18/06/2020, 08:22 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Di tengah masa pandemi virus corona, kita memang perlu lebih waspada demi terhindari dari penularan virus tersebut.

Bahkan, kehati-hatian tetap perlu dilakukan termasuk ketika kita pergi ke toilet atau kamar kecil.

Laman the New York Times merilis temuan tentang penggunaan flush atau penyiram toilet yang dapat menghasilkan semacam awan aerosol mengandung tetesan (droplet).

"Aerosol yang dihasilkan toilet adalah sesuatu yang mungkin sudah lama kita ketahui, tetapi banyak orang yang menganggap remeh."

Baca juga: 7 Benda yang Perlu Disingkirkan dari Kamar Mandi

Begitu kata profesor patologi dan mikrobiologi di University of Nebraska Medical Center, Joshua L. Santarpia, yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Jangkauan siraman tersebut bisa menjulang hingga jarak hampir satu meter.

Tetesan itu pun diperkirakan bisa berlama-lama di udara, dan berpotensi dihirup oleh pengguna toilet umum berikutnya, atau jatuh di permukaan kamar mandi.

Gumpalan udara toilet ini tidak hanya kotor. Dalam simulasi terlihat, gumpalan itu bisa membawa partikel virus corona hasil cipratan toilet yang digunakan orang sebelumnhya.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Physics of Fluids itu pun membeberkan bukti lain bahwa virus corona dapat ditularkan tidak hanya melalui tetesan pernapasan.

Disebutkan, infeksi juga dapat terjadi melalui kotoran yang banyak mengandung virus. Namun, belum diketahui apakah toilet umum adalah titik umum penularan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X