Meditasi dengan Jalan Kaki, Cara Gampang Dapatkan Ketenangan

Kompas.com - 18/06/2020, 11:58 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Meditasi adalah praktik kesadaran untuk menemukan kedamaian dalam diri seseorang. Ketika bermeditasi, kita menjadi lebih sadar akan pikiran kita saat ini dan melepaskan kecemasan.

Latihan meditasi sebetulnya bisa dilakukan bahkan tanpa persiapan khusus. Misalnya, berlatih meditasi sambil duduk, bahkan untuk pemula aktivitas jalan kaki bisa dimanfaatkan untuk latihan meditasi.

Meditasi dengan jalan kaki memiliki sejumlah manfaat kesehatan, antara lain membuat pikiran terasa lebih seimbang dan tenang.

Praktik ini memungkinkan kita untuk lebih menyadari lingkungan sekitar dan terhubung dengan batin kita.

Jalan kaki santai dengan meditasi tentu berbeda. Selama meditasi berlangsung, cobalah untuk berjalan dalam pola lingkaran dan bolak-balik dalam garis lurus.

Kecepatan jalan harus lambat dan dapat bervariasi pada teknik tertentu. Beberapa contoh meditasi jalan di antaranya kinhin, theravada atau vipassana.

Baca juga: Aplikasi yang Mempermudah Meditasi

Namun pada intinya, gagasan utamanya adalah lebih fokus pada gerakan kaki daripada pada napas. Sambil berjalan, cobalah lebih memperhatikan perasaan, pikiran dan suasana hatimu.

Sebelum mencoba melakukan meditasi berjalan, kamu juga perlu mengetahui sejumlah manfaat kesehatan yang bisa didapatkan, seperti dilansir dari Times of India.

1. Memperlancar aliran darah, terutama ke kaki. Ini bermanfaat bagi orang-orang yang aktivitasnya banyak duduk dalam waktu lama.

2. Berjalan setelah makan secara umum membantu memperlancar pencernaan. Manfaatnya akan berlipat ganda jika disertai meditasi.

Halaman:


Sumber Pinkvilla
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X