Kompas.com - 19/06/2020, 13:45 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Sejumlah kasus Covid-19 diketahui berasal dari klaster keluarga atau tertular dari anggota keluarga yang lebih dulu positif. Kontak erat seperti yang terjadi dalam satu rumah memang sangat rentan terjadinya penularan.

Menurut penelitian terbaru, Covid-19 bahkan dengan mudah menular dalam rumah, bahkan sebelum orang tersebut menunjukkan gejala.

Virus Covid-19 ini disebut lebih gampang menular dibandingkan penyakit SARS atau MERS.

Kesimpulan itu dihasilkan dari hasil analisis data penelusuran kontak dengan pasien positif Covid-19 (contact tracing) 349 pasien dan 1.964 orang yang melakukan kontak dekat dengan mereka di Guangzhou, China.

Disebutkan bahwa orang yang terinfeksi Covid-19 justru paling gampang menularkan virus sebelum mereka menunjukkan gejala atau saat sudah sakit.

Yang dimaksud dengan kontak dekat adalah orang yang tinggal dalam satu rumah dan anggota keluarga yang tidak tinggal bersama, termasuk juga teman dan rekan kerja.

Penelitian yang dilaporkan dalam jurnal The Lancet Infectious Disease itu juga menegaskan bahwa orang berusia di atas 60 tahun paling rentan tertular.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Klaster Keluarga Dominasi Kasus Positif Covid-19 di Malang, Ini Penyebabnya

“Hasil analisis kami menunjukkan orang justru paling rentan menularkan Covid-19 sebelum muncul gejala penyakitnya dan ini menyebabkan kesulitan tersendiri dalam mengatasi pandemic,” kata salah satu peneliti Yang Yang.

Menghentikan rantai penularan dalam rumah dan keluarga dianggap secara signifikan bisa mengurangi angka kasus Covid-19. Untuk melakukannya dibutuhkan menemukan dan mengisolasi orang yang terinfeksi lalu melacak dan mengarantina orang yang sudah pernah kontak dekat.

“Secara aktif menemukan dan mengisolasi pasien, bersamaan dengan melakukan pelacakan kontak dan karantina akan menjadi kunci menekan penularan virus pada masa inkubasi,” kata Yang.

Penularan antar anggota keluarga dianggap sebagai faktor utama penyebaran Covid-19 di China setelah pemerintah mencabut lockdown.

Baca juga: Mencegah Tertular Corona Ketika Serumah dengan Orang Tanpa Gejala



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.