Kompas.com - 19/06/2020, 22:05 WIB
. Getty Images/iStockphoto.

KOMPAS.com - Ada banyak mitos seputar seks yang beredar di masyarakat. Termasuk mitos tentang kehamilan.

Salah satu anggapan yang beredar adalah jika istri mengalami orgasme saat berhubungan intim, maka jenis kelamin anak adalah perempuan.

Nah, apakah anggapan tersebut fakta atau hanya mitos?

"Saya kira itu lebih banyak mitosnya. Tidak seperti itu," ungkap Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) dalam Live Instagram bersama @siapnikah_official, Jumat (19/6/2020).

Baca juga: Sulit Orgasme Saat Bercinta? Coba 5 Metode Ini

Hasto menjelaskan, sperma mengandung kromosom X dan Y. Faktor yang dapat memengaruhi jenis kelamin bayi adalah waktu berhubungan intim.

Jika menginginkan anak perempuan, lakukan hubungan intim dua hari sebelum masa subur. Sementara jika menginginkan anak laki-laki lakukan hubungan intim tepat pada hari H masa subur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hasto mengakui ada banyak mitos yang beredar seputar seks dan kehamilan, namun untuk menentukan jenis kelamin anak ada perhitungan ilmiah yang bisa dilakukan.

"Jadi menghitungnya berdasarkan dasar masa hidup sperma. Tapi, kecenderungan ya bukan 100 persen," tuturnya.

Baca juga: Berapa Kalori yang Terbakar Jika Berhubungan Seks Sampai Orgasme?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.