Kompas.com - 20/06/2020, 21:32 WIB
ilustrasi ibu sedang membersihkan BAB bayi SHUTTERSTOCKilustrasi ibu sedang membersihkan BAB bayi

KOMPAS.com— Flu ringan dengan gejala batuk dan pilek merupakan penyakit langganan bayi hingga usia balita. 

Studi menunjukkan, rata-rata bayi mengalami 12 infeksi per tahun selama dua tahun pertama kehidupan, dan sebagian besar menyerang saluran pernapasan atas.

"Kabar baiknya adalah bahwa sebagian besar infeksi ini adalah virus dan dapat diatasi dengan intervensi sederhana: parasetamol atau ibuprofen untuk demam, dan obat balsam untuk melegakan hidung tersumbat dan batuk iritasi," kata Dr Natalie Epton, seorang dokter spesialis anak.

Infeksi virus ini berlangsung selama rata-rata tujuh hingga 10 hari. Tetapi tidak jarang peradangan pasca-virus menyebabkan batuk berkepanjangan sampai virus yang sebenarnya hilang (hingga enam hingga delapan minggu dalam beberapa kasus).

Baca juga: 9 Mitos Tentang Perawatan Bayi Baru Lahir dan Faktanya

Kadang-kadang, virus dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh untuk sementara waktu, dan bayi dapat terkena virus kedua segera setelah yang pertama.

Ini sangat umum dialami bayi di tahun pertama mereka, terutama jika mereka sering berada di penitipan anak atau memiliki kakak yang yang sudah mengalami batuk dan pilek terlebih dahulu.

Menurut Epton, bayi yang bolak-balik sakit memang mencemaskan, tapi sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan.

"Lanjutkan untuk mengelola gejalanya seperti yang biasa dilakukan saat sakit yang pertama," katanya.

Bawa anak ke dokter jika mengalami demam tinggi atau terus-menerus (lebih dari 38 derajat C selama lebih dari tiga hari, atau lebih dari 39 derajat C); anak terlihat sering mengantuk, mudah marah, atau lesu; atau pun kurang minum untuk menghasilkan setidaknya empat hingga lima popok basah per hari.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X