Alasan Banyak Atlet Besar Pilih Kerja Sama dengan Merek "Kecil"

Kompas.com - 10/07/2020, 10:20 WIB
Roger Federer bermitra dengan merek perlengkapan olahraga On. Instagram @on_runningRoger Federer bermitra dengan merek perlengkapan olahraga On.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Peran pesohor sangat penting bagi sebuah merek, itulah mengapa perusahaan-perusahaan rela mengeluarkan banyak uang untuk endorsement.

Termasuk dalam bidang pakaian olahraga. Kebanyakan orang sudah tahu bahwa Nike dan Adidas adalah pemain terbesar di olahraga. Mereka berinvestasi jutaan Dollar AS bahkan hanya untuk endorsement satu atlet saja.

LeBron James dan Cristiano Ronaldo, misalnya, adalah atlet-atlet Nike. Sementara Adidas menggaet nama-nama besar seperti Lionel Messi, Ellyse Perry dan Angelique Kerber.

Masing-masing merek bahkan memiliki sepatu ikoniknya masing-masing, seperti Nike dengan Air Jordan dan Adidas dengan Stan Smith yang sangat dikenal di bidang mode.

Mendapatkan dukungan dari dua perusahaan raksasa itu mungkin merupakan impian bagi para atlet sejak dulu.

Namun, pada 2020 ini semakin banyak atlet justru lebih memilih menandatangani kontrak dengan perusahaan perlengkapan olahraga yang terbilang lebih kecil. Mengapa demikian?

Fenomena ini bisa terlihat salah satunya dari kesepakatan kemitraan terbaru legenda tenis Swiss Roger Federer dengan merek pakaian olahraga " On". Ini menjadi salah satu perubahan paradigma besar untuk dukungan terhadap atlet.

Kesepakatan Federer dengan perusahaan asal Swiss itu lebih dari sekadar dukungan biasa. Federer ternyata telah menginvestasikan sejumlah uang ke perusahaan tersebut dan tampaknya mengambil peran yang cukup aktif dalam bisnis, di luar sekadar iklan.

On dengan cepat mendapatkan pengikut di kalangan pelari untuk sepatu lari berkualitas, tetapi eksploitasi terbaru On adalah model khusus untuk Federer, yakni "The Roger".

Bertolak belakang dengan sepatu tenis biasa yang berfokus pada lapangan atau performa tinggi, The Roger adalah sepatu putih klasik yang dirancang khusus untuk kenyamanan kasual yang dirilis secara terbatas.

Halaman:


Sumber DMarge
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X