Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/07/2020, 23:38 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

KOMPAS.com - Saran kesehatan yang merekomendasikan untuk makan lebih banyak serat tentu sudah tidak asing lagi. Ini karena, mengonsumsi makanan yang kaya serat memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.

Serat banyak ditemukan pada sumber makanan nabati. Bukan hanya baik untuk sistem pencernaan, serat juga memiliki nutrisi yang dapat membantu melindungi jantung, menurunkan kadar kolesterol, menyeimbangkan tekanan darah, dan menurunkan berat badan.

Baca juga: Beda Manfaat Serat Larut dan Tidak Larut

Tetapi untuk menuai manfaat serat sepenuhnya, kita perlu mengonsumsinya lebih banyak. Karena itu, berikut lima cara untuk memasukkan lebih banyak serat ke dalam menu makanan:

1. Pilih makanan ringan yang lebih sehat

Pilih camilan sehat daripada camilan olahan yang biasa kamu makan. Kamu bisa mengonsumsi keripik sayuran, ketimbang popcorn dan kue.

Kamu juga dapat mencoba biji chia, kerupuk gandum utuh, biji-bijian dan kacang-kacangan, yang semuanya dapat membantu tubuh mendapatkan lebih banyak serat.

2. Makan lebih banyak buah-buahan

Cara lain untuk mendapatkan serat adalah makan banyak buah. Namun, pastikan buah-buahan alam kondisi segar dan bersih sebelum dikonsumsi.

Pastikan kamu makan buah utuh, karena proses pembuatan jus buah biasanya menyebabkan buah tidak lagi memiliki banyak serat.

Baca juga: Jumlah Serat yang Dibutuhkan Agar Terhindar dari Masalah Kesehatan

3. Jadikan sayuran sebagai bagian penting dalam menu makanan

Kamu bisa memilih sayuran jenis apapun yang kamu suka, karena hampir setiap sayuran penuh dengan serat. Apalagi jika kamu tak terlalu suka makan sayuran.

Namun, pastikan kamu memakannya setiap hari. Salah satu cara mudah untuk melakukannya adalah dengan memasukkannya ke dalam setiap makanan.

4. Sarapan gandum utuh dengan potongan buah

Karena sarapan dianggap sebagai makanan terpenting dalam satu hari, maka cobalah mengisinya dengan kebaikan serat, misalnya dengan menambahkan buah potong ke magkuk oatmeal.

Selamat mencoba!

Baca juga: Cara Terbaik untuk Penuhi Asupan Serat bagi Tubuh

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com