4 Cara Makan Lebih Banyak Serat agar Tubuh Lebih Sehat

Kompas.com - 12/07/2020, 23:38 WIB
Ilustrasi sayuran segar ShutterstockIlustrasi sayuran segar

KOMPAS.com - Saran kesehatan yang merekomendasikan untuk makan lebih banyak serat tentu sudah tidak asing lagi. Ini karena, mengonsumsi makanan yang kaya serat memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.

Serat banyak ditemukan pada sumber makanan nabati. Bukan hanya baik untuk sistem pencernaan, serat juga memiliki nutrisi yang dapat membantu melindungi jantung, menurunkan kadar kolesterol, menyeimbangkan tekanan darah, dan menurunkan berat badan.

Baca juga: Beda Manfaat Serat Larut dan Tidak Larut

Tetapi untuk menuai manfaat serat sepenuhnya, kita perlu mengonsumsinya lebih banyak. Karena itu, berikut lima cara untuk memasukkan lebih banyak serat ke dalam menu makanan:

1. Pilih makanan ringan yang lebih sehat

Pilih camilan sehat daripada camilan olahan yang biasa kamu makan. Kamu bisa mengonsumsi keripik sayuran, ketimbang popcorn dan kue.

Kamu juga dapat mencoba biji chia, kerupuk gandum utuh, biji-bijian dan kacang-kacangan, yang semuanya dapat membantu tubuh mendapatkan lebih banyak serat.

2. Makan lebih banyak buah-buahan

Cara lain untuk mendapatkan serat adalah makan banyak buah. Namun, pastikan buah-buahan alam kondisi segar dan bersih sebelum dikonsumsi.

Pastikan kamu makan buah utuh, karena proses pembuatan jus buah biasanya menyebabkan buah tidak lagi memiliki banyak serat.

Baca juga: Jumlah Serat yang Dibutuhkan Agar Terhindar dari Masalah Kesehatan

3. Jadikan sayuran sebagai bagian penting dalam menu makanan

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X