Kompas.com - 06/08/2020, 21:26 WIB
Ilustrasi tetes mata. Ilustrasi tetes mata.

KOMPAS.com— Mata yang kusam dan agak merah membuat kita terlihat seperti orang yang kelelahan, bahkan sakit. Faktanya, mata yang lelah tersebut merupakan hasil dari kebiasaan begadang, jam kerja yang panjang di depan layar laptop, dehidrasi, merokok, atau bahkan masalah kesehatan serius.

Untuk mengurangi mata merah karena masalah yang ringan beberapa cara alami ini bisa kamu coba lakukan di rumah agar mata terlihat lebih jernih.

1. Latihan Mata
Ada cara mudah untuk rileks dan mencerahkan mata yang meningkatkan sirkulasi darah dan meredakan ketegangan mata.

Latihan mata pertama adalah menutup mata dan meremasnya dengan erat. Kemudian buka dengan cepat, selebar mungkin. Ulangi sampai mata mulai berair. Ini akan membantu mata terasa segar dan cerah.

Anda juga dapat menggerakkan pulpen atau pensil secara horizontal dan vertikal di depan mata, dengan menjaga agar mata tetap fokus pada ujung pulpen. Lakukan latihan ini selama 10 hingga 15 menit setiap hari.

Pilihan lainnya adalah dengan menggosokkan kedua telapak tangan sampai hangat, kemudian letakkan di atas kelopak mata yang tertutup selama beberapa menit.

Baca juga: Trik 20 Detik untuk Bantu Redakan Ketegangan Mata

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Kompres mata
Bekas kantong teh celup jangan langsung dibuang. Kita bisa memanfaatkannya untuk mengurangi ketegangan mata dan mengembalikan cahaya alaminya.  Sifat antioksidan dalam teh membantu mengurangi pembengkakan di sekitar mata.

Cara menggunakannya:

- Seduh 2 kantong teh dalam secangkir air panas selama 5 menit.

- Angkat kantong teh, peras kelebihan airnya dan taruh di lemari es selama sekitar 10 menit atau lebih.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber pulse.ng
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.