Sikat Gigi Manual Vs Sikat Gigi Elektrik, Mana yang Lebih Baik?

Kompas.com - 14/08/2020, 21:49 WIB
sikat manual vs sikat gigi elektrik SHUTTERSTOCKsikat manual vs sikat gigi elektrik

KOMPAS.com - Bagi banyak orang menyikat gigi secara manual adalah cara terbaik untuk membersihkan gigi. Padahal, belum tentu lho. Apalagi, jika kita tak menerapkan teknik menyikat gigi dengan benar.

Bahkan, menurut dokter gigi Sam Koo, seorang ahli bedah gigi di Klinik Elias Mall Q&M Dental Group, Singapura, sikat gigi elektrik kemungkinan lebih efektif membersihkan gigi.

Sikat gigi elektrik mengurangi tingkat teknik yang diperlukan untuk menyikat gigi secara efisien, karena kamu hanya perlu tahu di mana harus meletakkannya dan untuk berapa lama,” katanya.

"Studi klinis telah menunjukkan, bahwa dibandingkan dengan sikat gigi manual, sikat gigi elektrik bekerja lebih baik dalam menghilangkan plak dan dengan demikian menurunkan risiko penyakit gusi."

Baca juga: Mengapa Setelah Sikat Gigi Tak Perlu Kumur dengan Air

Tidak hanya itu, sikat gigi elektrik juga dapat mencegah kita menyikat gigi terlalu keras.

Hal itu mungkin kedengarannya bukan masalah besar, tetapi menurut Dr Koo, menyikat gigi dengan keras bukan hanya merusak gigi, sehingga dapat menyebabkan gigi berlubang dan bahkan sakit gigi, tetapi juga resesi pada gusi, yang selanjutnya dapat menyebabkan gigi sensitif.

Meski demikian, bukan berarti kamu tidak perlu berhati-hati saat menyikat gigi dengan sikat gigi elektrik.

“Sikat gigi elektrik memang dapat mencegah kita menyikat terlalu keras, karena bergerak secara otomatis. Namun, itu juga sangat tergantung pada seberapa keras kamu menekan kepala sikat gigi ke gigimu. "

Baca juga: Ini Akibatnya Jika Hanya Sikat Gigi Sekali Sehari

Ia menambahkan, bahwa sikat gigi elektrik juga memungkinkan kita untuk menyikat gigi dalam waktu yang cukup, karena umumnya sikat gigi elektrik dilengkapi dengan fungsi pengatur waktu.

Dan meskipun harga sikat gigi elektrik sangat mahal jika dibandingkan sikat gigi manual, ini bisa dianggap sebagai investasi.

“Selain biaya yang lebih tinggi dan kebutuhan pengisian daya sesekali, menurut saya tidak ada kerugian nyata untuk menggunakan sikat gigi elektrik,” katanya.

Jika kamu tertarik untuk membeli sikat gigi elektrik, Dr Koo menyarankan untuk memilih kepala sikat yang kecil dengan bulu halus yang padat, karena memungkinkan manuver yang lebih mudah di bagian belakang mulut.

Baca juga: Bisakah Mouthwash Menggantikan Sikat Gigi?

 



Sumber CLEO
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X