Kompas.com - 21/08/2020, 19:35 WIB
Air es seringkali digadang-gadang sebagai penyebab batuk dan pilek leungchopanAir es seringkali digadang-gadang sebagai penyebab batuk dan pilek
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Minum air es atau minuman dingin saat cuaca panas memang menyegarkan, apalagi setelah beraktivitas di bawah terik matahari.

Namun perlu diingat, berbagai riset menemukan bahwa minum air es bisa membahayakan tubuh. Apa saja bahayanya?

1. Mengentalkan ingus

Pernah mendapatkan saran untuk tidak minum air es saat sedang pilek? Saran itu ada benarnya.

Berdasarkan temuan sebuah riset, sebanyak 15 partisipan yang minum air es mengalami pengentalan ingus atau lendir di dalam hidung. Akibatnya, ingus jadi sulit melewati saluran pernapasan untuk dikeluarkan.

Sebagai perbandingan, para peneliti juga menemukan bahwa air hangat dapat membuat napas lebih “plong”. Jika kamu sedang pilek, hindarilah air es dan sebaiknya minumlah air hangat atau mengonsumsi sup hangat.

2. Memperparah migrain

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sakit kepala sebelah alias migrain ternyata dapat diperparah oleh air es. Riset membuktikan, minum air es dapat memicu sakit kepala sebelah pada penderita migrain.

Karenanya, jika kamu menderita migrain, hindarilah air es sebisa mungkin untuk menghambat datangnya sakit kepala sebelah yang lebih parah.

3. Memperburuk kondisi akalasia

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X