Karena Menangis Sama Pentingnya dengan Perasaan Bahagia

Kompas.com - 02/09/2020, 10:31 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Di klub “menangis sehat” para anggotanya mengungkapkan cerita personal mereka untuk memancing air mata. Tidak sekadar membuat perasaan lega, menangis juga diketahui melepaskan hormon perasaan nyaman.

Dimulai dengan air mata yang menggenang di sudut mata. Tak lama, beberapa orang mulai mencari tisu atau saputangan. Beberapa orang duduk diam, air mata mengalir deras ke pipinya. Sebagian lagi menangis tersedu-sedu, dan ruangan itu dipenuhi oleh suara isak tangis.

Itu adalah Minggu pagi yang biasa di Kota Surat di India bagian Barat. Orang dari segala usia berkumpul di sebuah aula, mereka menghadiri pertemuan bulangan di satu-satunya “klub menangis sehat” di India. Klub itu baru berdiri di tahun 2017.

Pendirinya, Kamlesh Masalawala, memahami nilai sebuah air mata kebahagiaan. Padahal ia sebelumnya diakui sebagai terapis tawa pertama di India. Beberapa tahun kemudian, ia menemukan pekerjaan alternatifnya sebagai terapis tangis.

“Bahagia dan duka adalah dua sisi dari sebuah koin. Setiap manusia harus tertawa dan juga menangis untuk menunjukkan emosinya,” kata Masalawa, seorang mantan tukang reparasi radio.

Baca juga: Menangis Baik untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Ia mengatakan, ia disarankan oleh salah satu psikolog untuk melakukan terapi menangis.

“Saya lalu melakukan beberapa riset yang menunjukkan bahwa menangis bahkan dapat mengurangi obat-obatan untuk pasien masalah psikologi. Saya pun mulai membuat klub menangis,” katanya.

Pengalaman masa lalu

Pada pertemuan pertama klub itu pada Juni 2017, Masalawala menceritakan pengalaman hidupnya. Ia mengingat masa kecilnya yang miskin, sampai tidak sanggup memiliki uang 200 rupee (sekitar Rp 40.000) untuk ongkosnya ke sekolah. Ibunya lalu menjual anting emasnya agar bisa memberi uang saku ke anaknya.

Ketika menceritakan kisah itu, Masalawala terbawa emosi dan beberapa peserta mulai menitikkan air mata.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber SCMP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X