Kenali Penyebab Tiga Masalah Utama Rambut

Kompas.com - 10/09/2020, 16:45 WIB
Ilustrasi PexelsIlustrasi

KOMPAS.com – Banyak perempuan Indonesia yang menyukai rambutnya tetap panjang, namun perawatan rambut yang tidak tepat bisa menyebabkan mahkota wanita ini rentan dengan berbagai masalah.

Secara umum ada tiga masalah utama rambut wanita, yaitu rontok, berketombe, dan juga lepek.

Senior Hair Care R&D Manager Dove Indonesia, Yusuf Christina atau disapa Tina, menjelaskan, masing-masing masalah tersebut disebabkan karena perlakuan dan perawatan rambut yang tidak tepat.

Tina mencontohkan, rambut rontok pada dasarnya adalah rambut rusak yang dibiarkan dalam waktu lama.

“Kerusakannya bisa karena faktor lingkungan seperti polusi dan sinar matahari, pemakaian bahan kimia untuk pengeritingan atau pewarnaan rambut, serta karena alat-alat penataan rambut yang panas,” katanya dalam acara konferensi pers peluncuran Dove Super Shampoo Launch yang diadakan secara virtual (10/9).

Baca juga: Ingin Highlight Rambut? Ini Perawatan yang Perlu Dilakukan

Kerusakan rambut terjadi perlahan dan awalnya memiliki gejala berupa rambut kering, gampang kusut, dan juga kaku.

“Mulai terjadi rambut bercabang, lama-lama rontok,” ujarnya.

IlustrasiShutterstock Ilustrasi

Sementara itu, rambut yang berketombe sebagian besar disebabkan akibat kondisi minyak yang berlebih dan terjadi peradangan pada kulit kepala.

Untuk rambut yang lepek, menurut Tina, dipicu oleh kotoran yang menumpuk di kulit kepala.

“Lingkungan kita panas, ditambah keringat dan kotoran mudah menempel. Kalau tidak dibersihkan akhirnya menumpuk, ditambah dengan produksi minyak berlebih, rambut pun jadi terlihat lepek,” paparnya.

Baca juga: Pijatan di Kulit Kepala Efektif Turunkan Stres

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X