5 Tips Cegah Tertular Covid-19 dari Keluarga yang Isolasi di Rumah

Kompas.com - 25/09/2020, 10:22 WIB
. Shutterstock.

KOMPAS.com - Orang-orang yang terinfeksi Covid-19 namun hanya mengalami gejala ringan dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.

Namun belakangan, Pemerintah menganjurkan agar pasien terinfeksi, baik ringan maupun berat, untuk tak melakukan isolasi di rumah.

Hal ini dipandang penting demi mencegah penularan terhadap anggota keluarga yang lain.

Kendati demikian, jika saat ini kita terpaksa tinggal di satu atap bersama pengidap Covid-19, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan.

Baca juga: Diungkap, Pola Penularan Covid-19 di dalam Kabin Pesawat

Thea van de Mortel, Profesor, Perawat, dan Deputi Kepala Sekolah Keperawatan dan Kebidanan di Griffith University berbagi sejumlah tips melalui laman the Conversation.

Pertama-tama, perlu dipahami pola penyebaran SARS-CoV-2 -virus penyebab Covid-19. Virus ini dapat menyebar lewat beberapa cara, yakni:

- Orang yang terinfeksi bernapas lalu melepaskan tetesan yang telah terinfeksi melalui bernapas, bicara, batuk, maupun bersin.

- Orang yang tidak terinfeksi menyentuh permukaan yang telah terkontaminasi tetesan dari orang yang terinfeksi, kemudian orang tersebut menyentuh mulut, hidung atau makanan.

Partikel virus bisa tetap menginfeksi ketika sudah mengenai permukaan selama beberapa waktu.

- Partikel aerosol kecil yang tertinggal di udara.

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X